Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

PENGARUH MEDIA SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO

Penulis 1 : DESI PURWATI (09303249001)
Penulis 2 : Heru Pratomo Al. M.Si.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan scramble sebagai latihan soal terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun ajaran 2012/2013.

          Sebagai populasi adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Sangau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 193 siswa dan dibagi dalam 6 kelas, sedangkan sampelnya sebanyak 63 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh berupa pengetahuan awal kimia, motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran, dan prestasi belajar kimia. Data motivasi belajar kimia dianalisis dengan uji-t, data prestasi belajar kimia dianalisis secara anakova dengan data pengetahuan awal kimia sebagai variabel kendali.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media scramble sebagai latihan soal tidak berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci
scramble, motivasi, prestasi, SMAN 1 Sanggau Ledo

Abstract

The objective of this research were to know the effect of scramble media as exercises toward motivation and achievement in chemistry learning of students in SMAN 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang grade X Academic Year 2012/2013.

            The populations were 193 students in SMAN 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang grade X academic year 2012/2013 divided into 6 classes. The samples were 63 students in  2classes, namely experimental and controlled class. The data obtained in this research were prior knowledge in chemistry, motivation in chemistry learning before and after teaching-learning, andachievement in chemistry learning. The data of motivation in chemistry learning was analyzed by using t-test, and the data of achievement in chemistry learning was analyzed by using analysis of covariance when prior knowledge in chemistry controlled statistically.

            The result of this research showed that the scramble media as exercises did not effect toward motivation and achievement in chemistry learning of the students in SMAN 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang grade X academic year 2012/2013.

Keyword
scramble, motivation, achievement, SMAN 1 Sanggau Ledo

Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)