Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KANCING GEMERINCING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II DI SMA BORNEO BENGKAYANG KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Penulis 1 : NENGSIH (09303249023)
Penulis 2 : Dr. Eli Rohaeti
Abstrak

            Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui perbedaan yang signifikan motivasi belajar kimia siswa kelas X SMA Borneo yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing dengan yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Borneo yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing dengan yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing, jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket motivasi belajar siswa dan posttest prestasi belajar kimia. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan motivasi belajar kimia siswa kelas X SMA Borneo yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing dengan yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing, dan ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Borneo yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing dengan yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing, jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik.

Kata Kunci
teknik kancing gemerincing, Direct Instruction, prestasi belajar kimia, motivasi belajar

Abstract

This study aimed to 1) find a significant difference in terms of motivation to learn high school chemistry class X Borneo who follow kancing gemerincing models using learning that do not follow with using learning kancing gemerincing models, 2) find a significant difference in terms of chemistry students learning achievement class X SMA Borneo who follow kancing gemerincing models using learning that do not follow with using learning kancing gemerincing models, if the students’ prior knowledge was statistically controlled. Data was collected to provide student learning motivation questionnaire and posttest achievement chemistry. Test this hypothesis using t-test and test Anacova one lane. The results showed significant differences in terms of motivation to learn high school chemistry class X Borneo who take learning using learning model with the clattering studs that do not follow the learning using learning model rattling buttons, and no significant difference in learning achievement high school chemistry class X Borneo that followed learning using learning model with the clattering studs that do not follow the learning using learning models jingling studs, if the students’ prior knowledge was statistically controlled.

Keyword
Kancing Gemerincing Models, Direct Instruction, chemistry learning achievement, student motivation
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)