Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBASIS LIFE SKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Penulis 1 : EVI (09303249019)
Penulis 2 : Dr. P. Yatiman
Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan LKS kimia berbasis life skill terhadap prestasi belajar kimia dan sikap ilmiah siswa sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan LKS kimia

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Shalom Bengkayang yang berjumlah 137 siswa yang dibagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 71 siswa, dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara purposive cluster sampling. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, prestasi belajar kimia, dan sikap ilmiah siswa. Data dianalisis dengan uji-t dan analisis kovarian (anakova).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan LKS kimia berbasis life skill efektif terhadap peningkatan prestasi belajar kimia dan sikap ilmiah

Kata Kunci
efektivitas, lembar kerja siswa (LKS), life skill, prestasi belajar kimia dan sikap ilmiah.

Abstract

The aims of this research were to know the effectiveness of the application of LKS based on life skill on chemistry learning achievement and scientific attitude between the students after attending the teaching - learning by using LKS chemistry and without using LKS chemistry.

This research was an experimental research with one factorial design, two samples, and one covariable. The population was 137 students in the SMA Shalom Bengkayang grade X divided into four classes. The samples were 71 students classified into two classes, the experimental and controlled classes, takenby using Purposive cluster sampling. The data obtained from this research were the students prior knowledge of chemistry, the students chemistry learning achievement, and the students scientific attitude. The data were analyzed by using t-test and analysis of covariance.

The results of this research showed that the application of LKS based on life skill was effective on chemistry learning achievement and scientific attitude

Keyword
effectiveness, student’s work sheet (LKS), life skill, chemistry learning achievement and scientific attitude.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)