Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Penulis 1 : PUTRI UMANG RUDILAH (09303241029)
Penulis 2 : Prof. A. K. Prodjosantoso, Ph.D.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter, cara guru, dan kesulitan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru kimia SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan pengambilan sampel menggunakan teknik population sampling, semua populasi, yaitu 3 guru kimia menjadi sampel penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru kimia SMA N 2 Yogyakarta dengan obyek penelitian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kimia. Penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan mengamati pembelajaran kimia sebanyak tiga pertemuan di kelas dan satu pertemuan praktikum di laboratorium kimia. Wawancara dilakukan dengan narasumber tiga guru kimia yang masing-masing mengampu kelas X, XI, dan XII.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang sudah ditanamkan oleh guru adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Cara guru menanamkan nilai karakter di dalam pembelajaran kimia adalah dengan memberi, menyisipkan nilai karakter dalam materi pembelajaran, menyesuaikan dengan metode pembelajaran, dan menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Kesulitan yang dialami guru secara umum hampir sama, yaitu dalam mengaitkan nilai karakter dengan materi pembelajaran. Selain itu, heterogenitas peserta didik menyebabkan penanaman nilai karakter dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta menjadi kurang optimal.

Kata Kunci
nilai karakter, pembelajaran kimia, SMA


Abstract

The objectives of the research are to identify the character values, the method, and the problems faced by the teachers in implementing character values in chemistry learning at SMA Negeri 2 Yogyakarta in the academic year of 2012/2013.

The type of the research is descriptive qualitative. The population of the study is chemistry teachers in SMA Negeri 2 Yogyakarta. The researcher takes samples by using population sampling technique, all population, 3 chemistry teachers is the sample in this research. The subject of the research is the chemistry teacher and the object is the character values. The techniques of the research are observation and interview. Observation is conducted by scrutinizing chemistry learning in each class, three times meeting in classroom and once meeting of labwork in laboratory. The interview is conducted by asking the chemistry teachers as informants. They are the chemistry teachers of all grades.

The result of the research shows that the character values have been implemented by the teachers are religious, honesty, tolerance, discipline, hard work, creative, stand alone, democratic, curious, achievement appreciation, friendly/ communicative, reading passion, environment care, and responsibility. The methods in implementing the character values are by giving advice, implying character values in learning material, and connecting learning material with the daily life. Generally, almost all teachers have the same problems. They have difficulties in making connection between character values and learning material. Besides that, the heterogeneity of the students cause the implementation of the character value in chemistry learning at SMA Negeri 2 Yogyakarta to be less of optimum.

Keyword
character values, chemistry study, High School
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)