Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA

Penulis 1 : DWI YULIA SARI (09303249037)
Penulis 2 : Drs. H. Sutiman
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar kimia dengan prestasi belajar kimia, (2) ada tidaknya hubungan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar kimia jika cara belajar kimia dikendalikan, (3) ada tidaknya hubungan cara belajar kimia dengan prestasi belajar kimia jika intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dikendalikan.

      Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Menyuke tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang diambil untuk penelitian 2 kelas dari 5 kelas sebanyak 69 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan soal yang terdiri dari 42 butir pertanyaan mengenai materi yang ada dikelas X semester 2. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi dua prediktor.

      Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1)ada hubungan yang positif dan bermakna antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar kimia dengan prestasi belajar kimia. (2)ada hubungan yang positif dan bermakna antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar kimia apabila cara belajar kimia dikendalikan. (3)ada hubungan yang positif dan bermakna antara cara belajar kimia dengan prestasi belajar kimia apabila intensitas pemanfaatan perpustakaan dikendalikan.

Kata Kunci
Intensitas,Perpustakaan,Cara belajar,Prestasi.

Abstract

 This study aimed to determine (1) whether there is a positive and significant relationship between the intensity of use of the school library and the way students learn chemistry with chemistry student achievement, (2) the relationship between the intensity of use of  library school chemistry students’ learning achievement if the way students learn chemistry controlled, (3) how students learn chemistry with chemistry student achievement if the intensity of use of the library school

      Population in this research are learners class of X Senior High School 1 Menyuke academic year 2012/2013. Samples taken for the study were 69 students of class X Science. Sampling techniques using random cluster. The research instrument used a questionnaire consisting of 42 questions about the item symbol hazardous chemicals, safety equipment, and safety symbols. Data were analyzed by using the average percentage and customized criteria.

      Conclusion the results show that (1) there is a positive and significant relationship between the intensity of use of the school library and the way students learn chemistry with chemistry student learning achievement. (2) There is a positive and significant relationship between the intensity of use of the library school chemistry with students ’learning achievement, if the chemistry students learning was controlled and (3) there is a positive and significant relationship between the intensity of use of the school library with chemistry students’ learning achievement when the intensity of use of the library was controlled.

Keyword
Intensity, library school, How student learn chemistry, Chemistry student achievement.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)