Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Guru PAUD S-1

Vol II No 6 Tahun 2013

IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI

DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Penulis 1 : JENI RISMALA (09111244034)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi pengembangan budi pekerti pada anak usia dini di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta, 2) faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pengembangan budi pekerti pada anak usia dini di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik. Subjek dalam penelitian ini pengelola/kepala sekolah dan pendidik kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) secara garis besar implementasi pengembangan nilai-nilai budi pekerti sudah dilakukan 100% di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta. 2) faktor pendukung dalam implementasi pengembangan nilai budi pekerti di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta meliputi: a) adanya workshop bagi pendidik dalam mengembangkan nilai-nilai budi pekerti, b) adanya papan pembiasaan dan papan nasehat tentang nilai budi pekerti bagi peserta didik dan pendidik, c) adanya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Sementara faktor penghambat dalam implementasi pengembangan nilai budi pekerti di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta meliputi: a) perbedaan pola asuh orang tua pada peserta didik, b) kurangnya kerjasama dari orang tua murid, c) waktu pembelajaran yang terbatas, d) perbedaan kemampuan anak dalam mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci
budi pekerti dan anak usia dini

Abstract

This research aims to describe: 1) the implementing of character development on early childhood group B TK Negeri Pembina Yogyakarta, 2) factors inhibiting and supporting the implementing of character development on early childhood group B TK Negeri Pembina Yogyakarta. This research was a descriptive analytic study. The research subject was manager / head master and teachers on group B TK Negeri Pembina Yogyakarta. The data collection used observation, interview, and documentation. The data analysis technique was done by descriptive analysis analytic. The research result shows that: 1) outline the implementing of character development has done as much 100% on Group B TK Negeri Pembina Yogyakarta. 2) the supporting factors in the implementing of character development on group B TK Negeri Pembina Yogyakarta is: a) a workshop for teachers in developing character values, b) the habituation board and advisory board on character value for students and teachers, c) the extistence of infrastructure sufficient learning. While limiting factor in the implementing of character development on group B TK Negeri Pembina Yogyakarta is: a) differences in parenting parents of students, b) lack of cooperation from the parents, c) the limited learning time, d) differences in the ability of children in the following study.

Keyword
character and early childhood
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)