Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Guru PAUD S-1

Vol II No 6 Tahun 2013

HUBUNGAN INTERAKSI IBU-ANAK DAN KEDISIPLINAN DI TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN MUNGKID, MUNGKID, MAGELANG

Penulis 1 : ASTRI ARTANTI (09111244018)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi ibu anak dan kedisiplinan di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Mungkid, Mungkid, Magelang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah 89 anak dan 89 ibu. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Kuesioner digunakan untuk mengukur variabel interaksi ibu anak, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur variabel kedisiplinan. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara interaksi ibu anak dan kedisiplinan di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Mungkid, Mungkid, Magelang. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil korelasi rhitung sebesar 0,535. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil 0,535 > 0,207, sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan yang positif antara kedua variabel.

Kata Kunci
interaksi ibu anak, kedisiplinan di Taman Kanak-Kanak

Abstract

This study aims to determine the relationship of mother child interactions and discipline in Kindergarten Village Mungkid, Mungkid, Magelang. This type of research is a quantitative research study design correlation. Subjects were 89 children and 89 mothers. The instrument used was a questionnaire and observation. A questionnaire was used to measure maternal child interaction variables, while the observations are used to measure the variables of discipline. The data analysis technique used is the product moment correlation to test the hypothesis. The results showed that there is a positive relationship between maternal child interactions and discipline in Kindergarten Village Mungkid, Mungkid, Magelang. Based on the results of the correlation analysis of the data obtained rhitung of 0.535. At the 5% significance level results obtained 0.535> 0.207, so we can conclude the existence of a positive relationship between the two variables.

Keyword
motherchildinteraction, discipline in kindergarten
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)