Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Matematika - S1

IV Volume II Juli - Agustus 2013

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KARAKTER SISWA

Penulis 1 : ASIH MIATUN (09301244018)
Penulis 2 : DR.JAILANI
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran inkuiri dan model
pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika dan karakter siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest, nonequivalent control group
design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Sebagai sampel adalah
kelas VIIIE dan kelas VIIIF yang diambil secara random dengan undian. Instrumen yang digunakan adalah tes
prestasi belajar dan angket karakter untuk mengukur karakter siswa. Reliabilitas instrumen, pretest 0,769, posttest
0,760, dan angket 0,783. Analisis data menggunakan one sample t-test dan uji T2Hotteling. Hasil dari analisis data
dengan one sample t-test menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dan konvensional efektif digunakan.
Model pembelajaran inkuiri secara statistik tidak berbeda secara signifikan keefektifannya dibandingkan dengan
model pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika dan karakter siswa SMP. Secara
deskriptif tingkat ketuntasan dan rata-rata prestasi belajar maupun karakter siswa dengan model pembelajaran
inkuiri lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci
inkuiri, konvensional, karakter, prestasi belajar matematika

Abstract

The aims of this research is to describe the effectiveness of inquiry models of learning in the experimental
group and the conventional models of learning in the control group viewed from mathematics achievement
learning and student’s characters. Design of the research is a quasi-experimental research, with: pretest-posttest,
nonequivalent control group design. Population in this research are students grade VIII of SMP Negeri 7
Yogyakarta, with the sample is grade VIIIE and grade VIIIF, was be taken at random by lottery. The instruments
used in this research are: achievement tests and character questionnaires to measure student achievement and
students’ characters. Reliability instrument of pretest, posttest, and questionnaires respectively are 0,769; 0,760
and 0,783. The data analysis in this research uses one sample t-test and T2Hotteling test. Data analysis by the one
sample t-test show that inquiry models of learning and conventional models of learning used effectively. Inquiry
models of learning statistically not significantly different and more effective than the conventional models of
learning in terms of mathematics learning achievement and student’s characters of junior high school.
Descriptively show the inquiry models of learning is better than conventional models of learning when it is viewed
from completeness and the average of student achievement learning and student’s characthers.

Keyword
inquiry, conventional, characters, mathematics learning achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
April 2014
ASSRKJS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
KULIAH UMUM BERSAMA DOSEN BELANDA
DISKUSI ILMIAH PGSC
KANWIL PAJAK SULUTTENGGOMALUT KUNJUNGI FE UNY
GARUDA INDONESIA DAN PT KAWAN LAMA SPONSORI FORMULA HYBRID PERTAMA DI INDONESIA
DR. PRIYANTO TELITI PENGGUNAAN E-LEARNING OLEH GURU SMK


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)