Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 3. Juni 2013

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) BERBANTUAN BLOG DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

EFFECTIVENESS OF THE USE OF BLOG HELPED STUDENT CENTERED LEARNING METHOD (SCL) IN PHYSICS LEARNING TO IMPROVE THE ACHIEVEMENT OF X GRADE OF SMA STUDENT

Penulis 1 : RIZKI AYU LESTARI (08302244026)
Penulis 2 : SABAR NUROHMAN
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode SCL berbantuan blog dan metode Teacher Centered Learning (TCL). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Desain yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Sampel diambil dua kelas dari populasi tujuh kelas X dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari kelas X-C (dengan metode pembelajaran TCL) sebagai kelas kontrol dan kelas X-E (dengan metode pembelajaran SCL berbantuan blog) sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing 34 siswa. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari nilai pretest. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi setelah proses pembelajaran selesai (posttest). Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Independent T-Test dengan olah data menggunakan program SPSS 17.0. Berdasarkan data yang diperoleh dapat dilihat bahwa skor hasil belajar pada kelas kontrol dapat ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 82, 94. Sedangkan skor hasil belajar pada kelas eksperimen ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 89,82. Pencapaian skor rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test menunjukkan taraf signifikansi P = 0,001 dimana < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan metode SCL berbantuan blog daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran dengan metode TCL pada taraf kesalahan 5%.

Kata Kunci
SCL berbantuan blog, Teacher Centered Learning, hasil belajar

Abstract

This research is aimed to see whether there is difference of student achievement after being given blog helped SCL method and Teacher Centered Learning (TCL). This research is a quasi experimental design. The design is nonequivalent control group design. The sample is two classes taken from population consisting seven classes of X grade with purposive sampling technique. The sample is class X-C (with TCL) as the controlled class, and class X-E (with SCL) as the experiment class that consist of 34 students. Initial data is gained from pretest. Meanwhile, the data of student achievement is gained from posttest. The analysis precondition test uses normality test and homogeneity test. Meanwhile, the hypothesis test uses independent T-Test with SPSS 17.0. Based on data analysis, it can be seen that the scores of controlled class show the average of 82.94. The scores of the experiment class show the average of 89.82. The achievement of experiment class is higher than the controlled class. The calculation done with the independent T Test shows the significance of P = 0.001 which is < 0.05. Therefore, it can be concluded that there is a significant difference between the achievement of the experiment class that is given blog helped SCL method from the controlled class and the TCL method as the deviation standard 5%.

Keyword
blog helped Student Centered Learning (SCL), Teacher Centered Learning (TCL), achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)