Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 3. Juni 2013

PERBEDAAN MOTIVASI MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DAN KESULITAN SISWA MENGERJAKAN SOAL FISIKA ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN THE DIFFERENCE OF STUDENTS’ MOTIVATION IN JOINING PRIVATE LEARNING AND DIFFICULTIES OF DOING PHYSICS TEST BETWEEN MALE STUDENT AND FEMALE STUDENT

Penulis 1 : WIJI AZIIZ HARI MUKTI (08302244019)
Penulis 2 : SUBROTO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan motivasi siswa dalam mengikuti bimbingan belajar antara siswa laki-laki dan perempuan  dan Untuk mengetahui perbedaan kesulitan mengerjakan soal fisika di bimbingan belajar antara siswa laki-laki dan perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti bimbingan belajar yang berjumlah 80 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yakni 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan yang diambil dengan menggunakan teknik simpel random sampling, dengan intrumen berupa angket yang dikembangkan dari PMQ (Physics Motivation Questionneire) untuk mengukur motivasi siswa mengikuti bimbingan belajar dan test yang digunakan untuk mengukur kesulitan mengerjakan soal di bimbingan belajar. Pada penelitian untuk mengetahui perbedaan motivasi siswa, diperoleh motivasi mengikuti bimbingan belajar siswa laki-laki (M = 3,5333, SD = 0,75065) dan siswa  perempuan (M = 3,1656,SD = 0,80130),  t hitung = 10,214 ; signifikansi <sig 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwasanya siswa laki-laki memiliki motivasi lebih tinggi dalam mengikuti bimbingan belajar daripada siswa perempuan. Pada penelitian untuk mengetahui kesulitan mengerjakan soal di bimbingan belajar diperoleh besarnya kesulitan mengerjakan soal adalaht hitung = 1.250 dengan signifikansi >sig 0,05, artinya tidak ada perbedaan kesulitan mengerjakan soal fisika di bimbingan belajar antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan

Kata Kunci


Abstract

This research is conducted to know the difference of students’ motivation in joining private learning between male student and female student and the difference of difficulties of doing physics test in joining private learning between male student and female student. The method used in this study is a survey method. This study is a population of students who take the class XI tutoring students numbering 80 people. Sample size was 60 students ie 30 male students and 30 female students were taken using simple random sampling techniques, with instruments such as questionnaires were developed from PMQ (Physics Motivation Questionneire) to measure students’ motivation in joining private lesson of the test used to work on the problems in measuring the difficulty in joining private lesson.To know the difference of students’ motivation, the researcher compared the result of male students’ motivation (M: 3.5333, SD: 0.75065) and female students motivation (M: 3.1656, SD: 0.80130), t-test: 10.214; with sig<0.05. From the result it can be concluded that male students have higher motivation in joining private learning than female students. While to know the difference of difficulties of doing test, the result is t: 1,250 with sig>0,05, it’s mean that difficulties of doing physics test hadn’t difference between male student and female student.

Keyword
motivation, difficulties of doing test, private learning
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2014
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
FMIPA UNY TERIMA KUNJUNGAN CHIANG MAI UNIVERSITY, THAILAND
TEMU PIMPINAN DAN ORMAWA FIK UNY 2014
PTK VOKASI BUSANA GELAR EKSPLORASI PRODUK FASHION
MAHASISWA INFORMATIKA UNY KEMBANGKAN APLIKASI PENGENALAN TOPENG NUSANTARA
BELAJAR KEARIFAN DARI ANAK FLORES


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)