Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 3. Juni 2013

PERBEDAAN PENGARUHMETODE EKSPERIMEN DEMONSTRASI DAN CERAMAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA UNTUK MATERI PEMBIASAN LENSA TIPIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Penulis 1 : DEPI ANDY VIANTORO (09302244079)
Penulis 2 : SUBROTO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan pengaruh metode eksperimen, demonstrasi, dan ceramah terhadap motivasi dan hasil belajar fisika untuk materi pembiasan lensa tipis pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian “Desain Blok Lengkap Acak”. Populasi penelitian ini berasal dari lima kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 166 siswa dengan sampel penelitian 112 siswa diambil dengan teknik strative random sampling. Kelas XA dan XE sebagai kelas eksperimen model inkuiri pendekatan metode eksperimen, kelas XB dan XD sebagai kelas eksperimen metode demonstrasi, sedangkan kelas XC sebagai kelas kontrol metode ceramah. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah memberikan tes awal (pretest), tes akhir (posttest), dan kuisioner motivasi PMQ (Physic Motivation Questionnaire). Teknik analisis data terdiri atas teknik pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar fisika dan metode eksperimen mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika untuk materi pembiasan lensa tipis pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta.

Kata Kunci
eksperimen, demonstrasi, ceramah, motivasi belajar fisika, hasil belajar fisika, pembiasan lensa tipis

Abstract

This study aimed to assess the effect of differences in the experimental methods, demonstrations, and lectures on physics motivation and learning outcomes for a thin lens refraction material in class X SMA Negeri 10 Yogyakarta. This research is experimental research design ”Randomized Complete Block Design”. The study population was derived from five class X SMA Negeri 10 Yogyakarta, amounting to 166 students with a sample of 112 students was taken with strative random sampling technique. Class XA and XE as an experimental model of class room inquiry approach to the experimental method, the class XB and XD as an experimental class demonstration method, while the Xcclass as a lecture control class. Data retrieval technique that does is give the initial test (pretest), final test (posttest), and motivation questionnaires PMQ (Physic Motivation Questionnaire). Techniques of data analysis consisted of testing techniques the prerequisite analysis and hypothesis testing. Results showed that the experimental method has different significant effect on motivation to learn physics and experimental methods have a significant influence on differences in learning outcomes physics for thin lens refraction material in class X SMA Negeri 10 Yogyakarta.

Keyword
experiments, demonstrations, lectures, motivation to learn physics, physics learning outcomes, thin lens refraction
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)