Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 1, Nomor 1, Juli 2012

PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)

Penulis 1 : ADE NELA ARDIANTI (08312241033)
Penulis 2 : INSIH WILUJENG, DR
Penulis 3 : PURWANTI WIDHY H., M.Pd.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPA terpadu menggunakan model kooperatif STAD dengan TGT, mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPA terpadu menggunakan model kooperatif STAD dengan TGT, dan mengetahui model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang lebih tinggi antara model kooperatif STAD dan TGT bila diterapkan dalam pembelajaran IPA terpadu. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA dari aspek kognitif. Pembelajaran IPA yang dilakukan difokuskan pada tema “Jati Diri Ekosistem”.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain the static group pretest- postest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Penentuan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II menggunakan teknik random melalui undian sehingga didapatkan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen I menggunakan model kooperatif STAD dan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen II menggunakan model kooperatif TGT. Data yang digunakan adalah data motivasi dan hasil belajar IPA. Data motivasi belajar diperoleh dari skor angket motivasi belajar awal dan akhir siswa, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0 yakni dengan uji independent samples t- test.
Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian yaitu: (1) ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dan tipe TGT, dilihat dari skor rata-rata kelas eksperimen I adalah 83,4 dan kelas eksperimen II adalah 79,57 dan juga terlihat dari taraf signifikansi Sig (0,033) < 0,05; (2) ada perbedaan
hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dan tipe TGT yang terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen I adalah 76,0 dan kelas eksperimen II adalah 65,3 serta taraf signifikansi Sig(0,001) < 0,05; (3) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menghasilkan motivasi dan hasil belajar IPA terpadu yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif TGT.

Kata Kunci
model pembelajaran kooperatif STAD dan TGT, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

This research is conducted to know the difference of students’ motivation and achievement in learning integrated science using cooperative model of STAD and TGT, and to know which one is a better learning model to increase students’ motivation and achievement between STAD and TGT cooperative learning model to be applied in integrated science learning process. The achievement stated means the result of learning integrated science taken from cognitive aspect. The learning process that has been done was focused on theme of Jati Diri Ekosistem.
This research is quasi experiment method. The data was collected using the static group – posttest design. The population of this research is the VII class students of SMP Muhammadiyah 2 Depok in the academic year of 2011/2012 which consists of two classes which are VIIA and VIIB. The sampling technique used is whole sampling. The members of experiment class I and experiment class II was decided by random assignment through lottery and resulted in VIIB class as the experiment class I which used cooperative learning model STAD type and VIIA class as experiment II class which used cooperative learning model TGT type. The data collected was the data of students’ learning motivation and achievement. The data of students’ learning motivation was collected from the score of questionnaire that given to the students before and after the experiment. The data of students’ achievement was collected from pretest and posttest. To analyze the hypothesis, the researcher used SPSS version 16.0 in which independent sample t-test was conducted.
Based on the data anlysis the researcher conclude that: (1) there is a difference between the students’ motivation in learning Integrated science using cooperative learning model STAD type and TGT type, shown by average score of experiment class I which is 83,4 and experiment class II which is 79,57 and also the significance level Sig (0,033) < 0,05; (2) there is a difference between the students’ achievement in learning Integrated science using cooperative learning model STAD type and TGT type, shown by average score of experiment I class which is 76,0 and experiment II class which is 65,3 and also sigificance level Sig(0,001) < 0,05; (3) application of cooperative learning model STAD type has a better result in case of students’ motivation and achievement in learning Integrated science than cooperative learning model TGT

Keyword
cooperative learning model STAD and TGT, learning motivation, learning achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2014
ASSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
DR. BADRANINGSIH LASTARIWATI KEMBANGKAN EKRENFATIHA
DR. SUGIYANTO KEMBANGKAN MODEL EVALUASI MATEMATIKA
TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB ORANGTUA DALAM PERLINDUNGAN ANAK GENERASI Z
SESI INFORMASI STUDI LANJUT DI MICHIGAN STATE UNIVERSITY
SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN UNTUK PERUBAHAN MASYARAKAT BERMARTABAT


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)