Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI) Untuk Program Studi Manajemen - S1

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA Vol.2 Edisi III

PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SHAMPO CLEAR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNY)

Penulis 1 : WIDARDI IMAM S (08408145004)
Penulis 2 : Penny Rahmawaty, M.Si
Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Persepsi Konsumen tentang Harga terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Clear pada Mahasiswa UNY (2) pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Clear pada Mahasiswa UNY (3) pengaruh Persepsi Konsumen tentang Harga dan Kualitas Produk secara bersama-sama terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Clear pada Mahasiswa UNY (4) Mengetahui di antara kedua variabel bebas (Persepsi Konsumen tentang Harga dan Kualitas Produk) yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Clear pada Mahasiswa UNY. Penelitian ini dilaksanakan di UNY pada bulan Agustus 2010 sampai September 2010. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UNY, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan tehnik Purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Konsumen tentang Harga terhadap Loyalitas Konsumen shampo Clear pada mahasisiwa UNY. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R² sebesar 0,247 dan t hitung 5,670 lebih besar dari t tabel 1,984, dengan persamaan regresi Y = 14,341 + 0,469 X1 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen shampo Clear pada mahasisiwa UNY. Hal ini ditunjukkan dengan R² sebesar 0,193 dan t hitung 4,838 lebih besar dari t tabel 1,984, dengan persamaan regresi Y = 8,264 + 0,351 X2 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Konsumen terhadap Harga dan Kualitas Produk secara bersama-sama terhadap Loyalitas Konsumen shampo Clear pada mahasisiwa UNY. Hal ini ditunjukkan dengan R² sebesar 0,313 dan F hitung 22,048 lebih besar dari F tabel 3,09, dengan persamaan regresi Y= 4,823 + 0,359X1 + 0,225X2 (4) Variabel Persepsi Konsumen tentang Harga mempunyai pengaruh lebih besar terhadap Loyalitas Konsumen shampo Clear pada Mahasiswa UNY. Hal ini ditunjukkan dengan Sumbangan Efektif variabel Persepsi Konsumen tentang Harga 18,9% lebih besar daripada variabel Kualitas Produk 12,4%.

Kata Kunci
Persepsi Konsumen Tentang Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen

Abstract

This research has been done with aim to know: (1) The influence of consumers perception about product price towards consumers loyalty of CLEAR shampoo among UNY students. (2) The influence of product quality towards consumers loyalty of CLEAR shampoo among UNY students. (3) The influence of Consumers perception about both product price and quality towards consumers loyalty to CLEAR shampoo among UNY students. (4) To know what is the most dominant influence due to both free variables (consumers perception about product price and quality) towards consumers loyalty to CLEAR shampoo among UNY students. This research took place in UNY in August 2010 until September 2010. The population of this research is UNY students, while the sample are 100 students using Purposive Sampling. Question form or questionnaire are used as the instrument. Technique of data analysis that is used is simple regressive analysis technique and double regressive analysis. The results of research show that: (1) there is positive and significant influence in consumers perception about product price towards consumers loyalty to CLEAR shampoo among UNY students. It is shown by R2 value with 0,247 and t count 5,670 is bigger than t table which is 1,984 with regression equality Y= 14,341 + 0,469 X1. (2) there is positive and significant influence in product quality towards consumers loyalty to CLEAR shampoo among UNY students. It is shown by R2 value 0,193 and t count 4, 838 is bigger than t table which is 1,984 with regression equality Y= 8,264 + 0,351 X2. (3) there is positive and significant influence in consumers perception about both product price and quality towards consumers loyalty to CLEAR shampoo among UNY students. Shown by R2 value 0,313 and F count 22,048 is bigger than F table 3,09 with regression equality Y= 4, 823 + 0,359 X1 + 0,225 X2. (4) Variable of consumers perception about product price has bigger influence towards consumers loyalty to CLEAR shampoo among UNY students. Shown by effective conTribution of the consumers perception variable about product price 18,9 % is bigger than product quality variable which is 12, 4%.

Keyword

Consumers Perception About Product Price, Product Quality, Consumers Loyalty

Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)