Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI) Untuk Program Studi Manajemen - S1

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA Vol.2 Edisi II

PENGARUH IKLAN INDOVISION DI TELEVISI DAN PERSEPSI MEREK TERHADAP MINAT BELI CHANNEL INDOVISION (Studi pada Pemirsa Televisi di Kecamatan Prambanan Bokoharjo Sleman)

Penulis 1 : GHAZELA PALESTIN (07408144022)
Penulis 2 : Agung Utama, M.Si
Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) pengaruh
iklan Indovision di televisi terhadap minat beli channel Indovision, (2) pengaruh persepsi merek terhadap minat beli channel Indovison, dan (3) pengaruh iklan Indovision di televisi dan persepsi merek terhadap minat beli channel di Kecamatan Prambanan Bokoharjo, Sleman Penelitian ini tergolong dalam penelitian ex-post facto. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden yang disebar melalui angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa Indovision di Kecamatan Prambanan Bokoharjo, Sleman berjumlah 140 responden. Berdasarkan Nomogram Herry King, jika jumlah populasinya 100, maka jumlah sampel pada taraf signifikan 5% adalah 100 orang. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Iklan Indovision di televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli channel Indovision warga di Kecamatan Prambanan Bokoharjo, Sleman. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 4,786 dengan tingkat signifikansi 0,000; signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,549. (2) Persepsi Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli channel Indovision warga di Kecamatan Prambanan Bokoharjo, Sleman. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji nilai t hitung sebesar 3,084 dengan tingkat signifikansi 0,003; signifikansi lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,347. (3) Iklan Indovision di televisi dan persepsi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli channel Indovision warga di Kecamatan Prambanan Bokoharjo, Sleman, hal ini dibuktikan dengan F hitung > F tabel (26,036>3,09) serta nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).

Kata Kunci
iklan televisi, persepsi merek, minat beli Indovision

Abstract

This classroom action research aims to describe and analyze (1) the influence of advertising on
television Indovision against buying interest Indovision channel, (2) influence brand perception on buying interest Indovison channel, and (3) the influence of advertising on television and Indovision brand perception on buying interest channel in Bokoharjo Prambanan Subdistrict, Sleman. This study belong to the ex-post facto research. Sources of data used in this study is primary data collected from the respondents through questionnaires distributed. The population in this study were all viewers Indovision in Prambanan Subdistrict Bokoharjo, Sleman totaling 140 respondents. Based nomogram King Herry, if population is 100, then the number of samples at the 5% significance level was 100 people. Thus, the sample in this study was 100 respondents. Techniques of data collection in this research is using questionnaires. The technique used to analyze the data is descriptive analysis and multiple regression. Results of this study indicate that (1) Advertising on television Indovision positive and significant impact on buying interest Indovision channel Bokoharjo residents in the District of Prambanan, Sleman. This is evidenced by the results of the t test statistic obtained t value of 4.786 with a significance level of 0.000; significance of less than 0.05 (0.000 <0.05), and the regression coefficient has a positive value of 0.549. (2) Perception Brand positive and significant impact on buying interest Indovision channel Bokoharjo residents in the District of Prambanan, Sleman. This is evidenced by the results of test t value of 3.084 with a significance level of 0.003; significance of less than 0.05 (sig <0.05), and the regression coefficient has a positive value of 0.347. (3) Advertising Indovision in television and brand perception of positive and significant impact on buying interest Indovision channel Bokoharjo residents in the District of Prambanan, Sleman, this is evidenced by the F count> F table (26.036> 3.09) as well as the significance value is less than 0 , 05 (0,000 <0,05).

Keyword
advertising, brand perceptions, purchase interest Indovision
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)