Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI) Untuk Program Studi Manajemen - S1

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA Vol.2 Edisi II

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus pada J.CO Donut & Coffee Plaza Ambarukmo Yogyakarta)

Penulis 1 : SYAM AYU FEBRIANINGRUM (06408144002)
Penulis 2 : M. Lies Endarwati, M.Si
Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh store atmosphere ( exterior, interior, store layout, interior pop display) baik secara parsial maupun simultan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Plaza Ambarukmo Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Penelitian ini menggunakan metode teknik Proportional sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 142 orang. Uji validitas ini menggunakan Product Moment, Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian pada derajat 5% menunjukkan bahwa: (1) Tanggapan konsumen terhadap store atmosphere yang ada di J.CO Donuts & Coffee Plaza Ambarukmo Yogyakarta ditinjau dari dimensi exterior dalam kategori sedang, interior dalam kategori sedang, store layout dalam kategori sedang, interior pop display dalam kategori sedang, sedangkan keputusan pembelian dalam kategori sedang, (2) Exterior berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian (3) Interior berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian, (4) Store layout berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian, (5) Interior pop display berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian, dan (6) Store Atmosphere yang terdiri atas dimensi exterior, interior, store layout, dan interior pop display berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil F hitung sebesar 36,402 dan nilai signifikansi lebih kecil 5%. Keputusan pembelian dipengaruhi sebesar 50,1% . Persamaan regresi yang dihasilkan adalah sebagai berikut: Y= 8,983 + 0,179X1 + 0,148X2 + 0,347X3 + 0,324X4

Kata Kunci
Store Atmosphere dan proses keputusan pembelian

Abstract

The objective of this research is to analyze the effect of store atmosphere (exterior, interior, store layout, interior pop display) either partially and simultaneous to the consumer buying decision process at J.CO Donuts & Coffee Plaza Ambarukmo Yogyakarta.
This research is quantitative research and using a type of survey research. This research uses proportional sampling technique. The sample used in this study is 142 customers of JCO Donut & Coffee. The validity test using Product Moment, reliability test using Cronbach Alpha formula. And data analysis techniques using multiple linear regression. There are six results on 5% degree level of this research indicate that: (1) The response of consumers to the store atmosphere that is in J.CO Donuts & Coffee Plaza Ambarukmo Yogyakarta in terms of exterior dimensions of the medium category, the interior of the medium category, store layout in the middle category, interior pop display the medium category, while the purchasing decisions in the medium category, (2) Exterior positive influence on the purchase decision process (3) Interior positive influence on the purchase decision process, (4) Store layouts positive influence on the purchase decision process, (5) Interior pop display a positive effect on purchase decision process, and (6) Store Atmosphere consisting dimensions of exterior, interior, store layout, and interior display pop positive influence on the purchase decision process. It is shown from the results of F test calculating 36.402 and a significance error rate 5%. The result of regression equivalence is Y = 8.983 + 0.179X1+0.148X2+0.347X3+0.324X4.

Keyword
Store Atmosphere and purchasing decisions process
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)