Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI) Untuk Program Studi Manajemen - S1

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA Vol.2 Edisi II

PENGARUH KREDIBILITAS DAN KEPRIBADIAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP SIKAP PEMIRSA IKLAN (STUDI KASUS PADA IKLAN PELEMBAB L’OREAL PARIS DI TELEVISI)

Penulis 1 : RINDA MEIKA RAMADANI (06408144007)
Penulis 2 : Agung Utama, M.Si
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kredibilitas selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, (2) pengaruh kepribadian selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, dan (3) pengaruh kredibilitas selebriti endorser dan kepribadian selebriti endorser secara bersama-sama terhadap sikap pemirsa iklan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei, dalam penelitian survei, informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa iklan L’oreal Paris di wilayah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif kredibilitas selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,639, nilai t hitung 8,506>1,984; dan nilai signifikansi 0,000<0,05, (2) Terdapat pengaruh positif kepribadian selebriti endorser terhadap sikap pemirsa iklan, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,526, nilai t hitung 5,558>1,984; dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, (3) Terdapat pengaruh positif kredibilitas selebriti endorser dan kepribadian selebriti endorser secara bersama-sama terhadap sikap pemirsa iklan Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 6,948>3,09 dan signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan persamaan regresi: Y = 3,012 + 0,639X1 + 0,526X2

Kata Kunci
Kredibilitas, Kepribadian, Sikap Pemirsa Iklan

Abstract

This study aimed to determine: (1) the influence of celebrity endorser credibility on attitudes advertising audience, (2) the influence of personality on attitudes celebrity endorser advertising audience, and (3) the influence of celebrity endorser credibility and celebrity endorser personalities together on the attitudes of viewers ad . This research included in this type of survey research, survey research, the information collected from the respondents using a questionnaire. The population in this study were all L’Oreal Paris ad viewers in the Yogyakarta area. Sampling technique using purposive sampling. Based on the calculation of unknown samples used as many as 100 people. Techniques of data collection using a questionnaire that had been tested for validity and reliability. Data analysis techniques used to answer the research hypothesis is multiple linear regression. The results at 5% significance level indicate that: (1) There is a positive effect of celebrity endorser credibility on attitudes ad viewers, this is evidenced by the regression coefficient of 0.639, t value 8.506> 1.984, and a significance value 0.000 <0.05, ( 2) There is a positive influence on the attitudes of personality celebrity endorser advertising audience, this is evidenced by the regression coefficient of 0.526, t value 5.558> 1.984, and a significance value of 0.000 <0.05, (3) There is a positive effect of celebrity endorser credibility and personality celebrity endorser jointly against ad audiences This attitude is evidenced by calculated F value 6.948> 3.09 and a significance of 0.000 <0.05 and the regression equation: Y = 3.012 + 0.639 X1 + 0.526 X2

Keyword
Credibility, Personality, Attitude Audience Advertising
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)