Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI) Untuk Program Studi Manajemen - S1

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA Vol.2 Edisi II

PERSEPSI KONSUMEN TENTANG CITRA MEREK, ATRIBUT PRODUK DAN HARGA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE (STUDI KONSUMEN BLACKBERRY DI KOTA YOGYAKARTA)

Penulis 1 : ANGGY JANUAR Q (07408141008)
Penulis 2 : Penny Rahmawaty, M.Si
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh citra merek terhadap proses pengambilan
keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, (2) pengaruh atribut produk terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, (3) pengaruh harga terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, dan (4) pengaruh citra merek, atribut produk dan harga secara bersama-sama terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna
smartphone Blackberry yang berada di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dilakukan dengan uji CFA dan uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Citra Merek mempunyai pengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (4,001>1,985), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,235; (2) Atribut Produk mempunyai pengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (2,353>1,985), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,021<0,05), dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,205; (3) Harga mempunyai pengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (4,606>1,985), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,542; (4) Citra Merek, Atribut Produk, dan Harga berpengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Smartphone Blackberry di Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan hasil pengujian yang diperoleh nilai F hitung sebesar 59,132 dan F tabel sebesar 3,09 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).

Kata Kunci
Citra Merek, Atribut Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

This study aimed to determine: (1) the effect of brand image on purchase decision making process Smartphone Blackberry in Yogyakarta, (2) the effect of product attributes on the purchase decision process Smartphone Blackberry in the city of Yogyakarta, (3) the effect of price on the purchase decision process Blackberry Smartphone in the city of Yogyakarta, and (4) the effect of brand image, product attributes and prices together on the decision-making process of purchasing a Blackberry Smartphone in the city of Yogyakarta. This study was included in the survey research. The study population is a consumer Blackberry smartphone users in the city of Yogyakarta. Purposive sampling technique sampling. The sample in this study amounted to 100 people. Techniques of data collection using questionnaires. Test the validity of the test conducted by the CFA and reliability testing using Cronbach alpha. The data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed that: (1) Brand image has a positive influence on the purchase decision process Smartphone Blackberry in the city of Yogyakarta, evidenced by the value of t count> t table (4.001> 1.985), the significance of less than 0.05 (0.000 <0, 05), and the positive value of the regression coefficient 0.235; (2) Product Attributes positively influences the purchase decision process Smartphone Blackberry in the city of Yogyakarta, evidenced by the value of t count> t table (2.353> 1.985), the significance is smaller than 0, 05 (0.021 <0.05), and the positive value of the regression coefficient 0.205; (3) positively influences the purchase decision process Smartphone Blackberry in the city of Yogyakarta, evidenced by the value of t count> t table (4.606> 1.985), the significance less than 0.05 (0.000 <0.05), and the positive value of the regression coefficient 0.542; (4) Brand Image, Product Attributes, and for positive influence on the purchase decision process Smartphone Blackberry in the city of Yogyakarta, evidenced by test results obtained

Keyword
Brand Image, Product Attributes, Price, Purchase Decision
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)