Jurnal UNY - Detail artikel

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI) Untuk Program Studi Manajemen - S1

JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA Vol.2 Edisi II

EFEKTIVITAS IKLAN, SIKAP, DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) (STUDI KASUS PADA SABUN MANDI CITRA DI KOTA YOGYAKARTA)

Penulis 1 : SANTI NURMAWATI (07408144054)
Penulis 2 : Agung Utama, M.Si
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh efektivitas iklan dan sikap secara bersama-sama terhadap kesadaran merek (brand awareness), (2) pengaruh efektivitas iklan dan sikap secara individu terhadap kesadaran merek (brand awareness), dan (3) pengaruh paling besar diantara efektivitas iklan dan sikap terhadap kesadaran merek (brand awareness). Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Sabun Mandi Citra di Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Uji instrumen dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA dan uji reliabilitas alpha cronbach). Hasil uji validitas diperoleh nilai (KMO MSA) lebih besar dari 0,50 dan nilai reliabilitas berkisar antara 0,901-0,981. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 13,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh efektivitas iklan dan sikap secara bersama-sama terhadap kesadaran merek (brand awareness). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (55,893>3,09) dan nilai signifikansi 0,000<0,05; (2) Terdapat pengaruh efektivitas iklan dan sikap secara individu terhadap kesadaran merek (brand awareness). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t: (a) variabel efektivitas iklan diperoleh koefisien regresi sebesar 0,272; nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,166>1,984), dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (b) variabel sikap diperoleh koefisien regresi sebesar 0,422, nilai t hitung lebih besar t tabel (4,972>1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (3) Faktor sikap merupakan faktor dominan yang mempengaruhi kesadaran merek (brand awareness), hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,422.

Kata Kunci
Efektivitas Iklan, Sikap, Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Abstract

This study aimed to determine: (1) the effectiveness of advertising and attitudes together to brand awareness (brand awareness), (2) the effectiveness of advertising and individual attitudes towards brand awareness (brand awareness), and (3) the influence of the between the effectiveness of the ad and attitude toward the brand awareness (brand awareness). This study is a survey research using associative approach. Purposive sampling technique with the sampling and data collection techniques using a questionnaire with Likert scale. The study population was all consumers Washes image in Yogyakarta. The sample in this study amounted to 100 people. Test instruments performed by Confirmatory Factor Analysis (CFA and Cronbach alpha reliability test). Validity of the test results obtained by value (KMO MSA) greater than 0.50 and reliability values ranged from 0.901 to 0.981. The data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed that: (1) There is the effectiveness of advertising and attitudes together to brand awareness (brand awareness). This is evidenced by the value of F count> F table (55.893> 3.09) and the significance value 0.000 <0.05, (2) There is the effectiveness of advertising and individual attitudes towards brand awareness (brand awareness). This is evidenced by the t-test results: (a) variable regression coefficient obtained ad effectiveness by 0.272; t value greater than t table (6.166> 1.984), and a significance value of 0.000 <0.05, and (b) variable attitude regression coefficient obtained at 0.422, t value greater t table (4.972> 1.984) and a significant value of 0.000 <0.05, (3) factor is the attitude of the dominant factors affecting brand awareness (brand awareness), this is evidenced by the coefficient regression of 0.422.

Keyword
Advertising Effectiveness, Attitude, Awareness Brand (Brand Awareness)
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)