Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 3. Juni 2013

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN BLOG PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA PHYSICS LEARNING MEDIA DEVELOPMENT USING BLOG ON THE TOPIC OF NEWTON’S LAWS ON MOTION FOR IMPROVING STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION IN X GRADER OF SENIOR HIGH SCHOOL

Penulis 1 : SINGGIH HASTUNGKARA (08302244052)
Penulis 2 : SUHARYANTO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbantuan blog untuk siswa kelas X SMA ditinjau dari isi dan tampilannya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan media  tersebutpada materi “Hukum Newton Tentang Gerak”. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Develompent (R&D). Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XC di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar penilaian validator untuk blog yang dikembangkan, lembar angket respon siswa, lembar angket motivasi belajar siswa menggunakan blog, sertalembar observasi kegitan siswa. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPP dan blog. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif untuk mengetahui motivasi belajar  siswa menggunakan blog, sedangkan analisis kualitatif untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan meliputi penilaian pada aspek rekayasa prengkat lunak, desain pembelajaran, dan komuniksai visual oleh validator dan reviewer, serta respon siswa setelah produk diujicobakan.Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek desain pembelajaran berdasarkan penilaian validator dan reviewer masing-masing mendapatkan skor 20,75 dan 19 yang berada pada rentang skor                    16,98 < X ≤ 20,94 sehingga temasuk dalam kategori Baik, sedangkan untuk aspek komunikasi visual mendapatkan skor 25,5 yang berada pada rentang skor X > 25,2  sehingga termasuk dalam kategori Sangat Baik. Motivasi belajar siswa menggunakan blog meningkat sebesar 25,8% yaitu dari 52,8% menjadi 78,6%.  Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka media blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa layak untuk digunakan.

Kata Kunci
blog, motivasi belajar.

Abstract

This research was aimed at finding out the appropriateness of physics learning using blog for X grader of senior high school based on the contents and displays. In addition, the purpose of this research was also to improve the students’ learning motivation and to know how the students’ learning motivation could be improved using the media on the topic of “Newton’s laws on motion”.The type of this research was Research and Development (R&D). This research was conducted with class XC of SMA Negeri 5 Yogyakarta, which consisted of 34 students, as the research subject. The instruments that were used to collect the data were validators’ assessment sheets for the developed blog, students’ response questionnaire, students’ learning motivation of using blog questionnaire, and students’ activities observation sheets. The teaching equipments used were lesson plans and blog. The data gathered were analyzed quantitatively and qualitatively. The quantitative data analysis was to know the students’ learning motivation of using blog, while the qualitative data analysis was to know the appropriateness of the developed product including the assessment on the modification aspects of the software, learning design, and visual communication by the validators and reviewers, and also the students’ responses after the product was tried out.The results of the data analysis show that the software modification aspects and learning design aspects based on the validators’ and reviewers’ assessments were 20.75 and 19, which were in the range of 16.98 < X ≤ 20.94, so that they were in Good category, while the score of the visual communication aspects was 25.5, which was in the range of X > 25.2, so that it was in Very Good category. The students’ learning motivation of using blog was increased by 25.8%, which changed from 52.8% into 78.6%. Based on the data analysis that was done in this research, blog can be used as an appropriate media to improve students’ learning motivation.

Keyword
blog, learning motivation
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)