Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 3. Juni 2013

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK SISWA PENYANDANG TUNANETRA PADA MATERI PEMBELAJARAN GERHANA BULAN THE DEVELOPMENT OF UNIT OF INSTRUCTION TYPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) OF COOPERATIVE LEARNING (CL) FOR STUDENTS WITH DISABILLITIES WHO ARE BLIND ON LEARNING MATERIALS MOON ECLIPSE

Penulis 1 : OVITA RIKA ARISKA (09302244022)
Penulis 2 : YUSMAN WIYATMO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, alat peraga, LKS dan lembar penilaian kognitif maupun psikomotor untuk siswa penyandang tuna netra kelas IX MTs Yaketunis pada materi pembelajaran gerhana bulan dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian menggunakan model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan format dan desain awal perangkat pembelajaran. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen ahli kemudian dilanjutkan dengan uji lapangan operasional.  Teknik analisis  data  yang  dilakukan  adalah analisis deskriptif pada uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer tiap aspek penilaian perangkat pembelajaran, data prestasi kognitif dan psikomotor siswa. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran pada kategori baik secara keseluruhan dan valid menurut pendapat ahli.

Kata Kunci
Cooperative learning, TGT, Perangkat Pembelajaran, Gerhana Bulan

Abstract

This study was aimed to get a unit of instruction type TGT of cooperative learning for student with blind disabilities on learning material moon eclipse that consist of lesson plans, student worksheet, learning media, cognitive assessment and psychomotor assessment. This study was a 4-D models (Define, Design, Develop, and Disseminate). In the Define phase, this phase was for define a condition of learning. At Design phase, it was conducted format of  unit of instruction and preliminary design of unit of instruction. In the Develop phase, it was conducted validated by the expert lecturers, then continued with operational field test. The technique of data analysis is descriptive analysis on the suggestion, assessment scores of expert lecturer in every aspect of unit of instruction and the data of cognitive and psychomotor of student. The results of product development, according to the assessment of expert lecturer were included in the ”good” category and valid according to the expert opinion.

Keyword
Cooperative learning, TGT, unit of insruction, moon eclipse
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)