Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Matematika - S1

II Volume II Maret - April 2013

PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING TIPE WITHIN SOLUTION POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Penulis 1 : ABSARI NUR KHASANAH (09301244014)
Penulis 2 : DR. HERI RETNAWATI
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data mengenai perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Wates melalui pendekatan problem posing tipe within solution posing dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Wates tanpa pendekatan problem posing tipe within solution posing. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian untuk memperoleh data prestasi belajar siswa yaitu pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 1 Wates dengan sampel penelitian kelas VIII D dan VIII E. Faktor dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui pendekatan problem posing tipe within solution posing, responnya adalah prestasi belajar siswa. Instrumen untuk data prestasi siswa adalah tes uraian. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi. Analisis data dilakukan dengan one-way ANOVA test. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa dengan pendekatan problem posing tipe within solution posing dengan prestasi belajar matematika siswa tanpa pendekatan problem posing tipe within solution posing

Kata Kunci
pembelajaran, problem posing tipe within solution, prestasi

Abstract

This study aims to get the data about the difference student’s achievement of students in grade VIII of SMP N 1 Wates using problem posing type within solution posing approach with student’s achievement of students in grade VIII of SMP N 1 Wates without problem posing type within solution posing approach. This research is experimental research. Research design to get the data of student’s achievement is pretest-posttest control group design. The population of this research is students in grade VIII SMP N 1 Wates and the sample are class VIII D and VIII E. The factor of this research is the learning using problem posing type within solution posing approach, the response is student’s achievement. The instrument to get the data of student’s achievement is using achievement test. Instrument validity is proved by content validity. The analysis of the data using one-way ANOVA test. From the hypothesis test using signifance 5% can be concluded if the student’s achievement using problem posing type within solution posing approach is different with student’s achievement without problem posing type within solution posing approach.

Keyword
learning, problem posing type within solution, student’s achievement.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2014
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
PELEPASAN PESERTA SM3T UNY
TRAINING ESQ UNTUK MAHASISWA NONMUSLIM
FE GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI DAN KIAT MENEMBUS DUNIA KERJA BAGI ALUMNI
WISUDA UNY PERIODE AGUSTUS
MAHASISWA DENGAN IP TERTINGGI DAN LULUS TERCEPAT


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)