Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 2, Volume2, Nomor2, bulan Maret-April 2013

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK N 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Penulis 1 : DIMAS NICO SAPUTRA (09502241016)
Penulis 2 : Drs. Abdul Halim Sunawi
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 300 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 40 responden yang merupakan siswa SMK Negeri 2 Klaten. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Ui prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisa data ada dua yaitu analisis regresi sederhana satu prediktor dan analisis regresi ganda dua prediktor.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,425) lebih besar dari rtabel (0,113) pada taraf signifikansi 5%, 2) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,306) lebih besar dari rtabel (0,113) pada taraf signifikansi 5%, 3) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga Ry(1,2) (0,463) lebih besar dari rtabel (0,113) pada taraf signifikansi 5%. Selain itu dibuktikan pula dengan harga Fhitung (40,486) lebih besar dari Ftabel (3,02) pada taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci
media, metode, prestasi

Abstract

This study aims to determine: 1) Influence Perceptions About Use of Instructional Media Students Against Student Achievement SMK N 2 Klaten in Academic Year 2012/2013, 2) Influence Perceptions About Methods of Teaching Students Teacher Against Student Achievement SMK N 2 Klaten in Academic Year 2012 / 2013, 3) Influence Perceptions About Use of Media Student Learning and Teaching Methods Teacher Against Student Achievement SMK N 2 Klaten in Academic Year 2012/2013.
This study is ex post facto and research samples. The samples in this study were students of SMK Negeri 2 Klaten in Academic Year 2012/2013 numbered 300 students. The data collection technique is documentation and questionnaires. The test instrument executed on 40 respondents who were students of SMK Negeri 2 Klaten. Test the validity of the instrument was done by using Pearson’s product moment correlation and reliability testing instruments used Cronbach alpha formula. Test the prerequisite analysis includes tests of normality and linearity test. Data analysis techniques there are two simple regression analysis of the predictors and multiple regression analysis two predictors.
The results of this study indicate: 1) There is a positive and significant effect between Student Perceptions About Use of Instructional Media Against Student Achievement Against SMK N 2 Klaten in Academic Year 2012/2013 as evidenced by the price rx1y (0.425) greater than rtabel (0.113) at the level of significance of 5%, 2) There is a positive and significant effect between Student Perceptions of Teachers On Teaching Methods Against Student Achievement SMK N 2 Klaten in Academic Year 2012/2013 as evidenced by the price rx1y (0.306) greater than rtabel (0.113) at significance level 5%, 3) There is a positive and significant effect between Student Perceptions About Use of Instructional Media and Methods of Teaching Teachers jointly Against Student Achievement SMK N 2 Klaten in Academic Year 2012/2013 as evidenced by the price of Ry (1.2) ( 0.463) greater than rtabel (0.113) at 5% significance level. Moreover evidenced also by the price Fcount (40.486) is greater than F table (3.02) at 5% significance level.

Keyword
media, methods, achievements
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
November 2018
ASSRKJS
123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)