Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 2, Volume2, Nomor2, bulan Maret-April 2013

PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTAR MEDIA KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI DIAGNOSIS KERUSAKAN TELEVISI PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM TELEVISI SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Penulis 1 : AKHMAD SOLEKHUDIN (11502247014)
Penulis 2 : Drs. Abdul Halim Sunawi
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar siswa. Pokok pembahasan yang diteliti adalah mendiagnosis kerusakan
televisi. Penelitian ini hanya dibatasi pada hasil belajar ranah kognitif siswa.
Jenis penelitian ini quasi eksperimen (ekperimen semu) dengan disain
pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 siswa XII TAV SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive
sampling dan sampelnya adalah 18 dari kelas XII TAV 1 sebagai kelas ekperimen
yang diberikan dengan media aplikasi diagnosis kerusakan televisi dan 18 dari
kelas XII TAV 2 sebagai kelas kontrol dengan media konvensional yaitu dengan
papan tulis. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini
digunakan dengan uji Independent sample T-Test.
Berdasarkan uji statistik analisis Independent sample T-Test yang telah
dilakukan diperoleh bahwa nilai signifikansi pada ranah kognitif adalah sebesar
0,00 . oleh karena p < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil
belajar siswa pada ranah kognitif siswa.

Kata Kunci
media diagnosis kerusakan televisi, hasil belajar, peneletian quasi eksperimen.

Abstract

This study aimed to determine whether there was a difference in student
achievment. Purpose of the study is to diagnose the damage television. The
research was limited to the cognitive achievement of students. Type of quasiexperimental
study with a pretest-posttest design. The population in this study 57
students TAV XII SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
The sampling technique was purposive sampling and the sample is 18 of
grade XII TAV 1 as a class experiment given the diagnosis of damage to the
television media applications and 18 from class 2 as class XII TAV controls with
conventional media with chalk board. To test the hypothesis in this study is used
the Independent sample T-test. Based on the analysis was done found that the
cognitive significance value was of 0.00. p <0.05, it can be concluded that
significant differences in student achievement in the cognitive domain of students.

Keyword
television media damage diagnosis, achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)