Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBENTUK OBSERVASI LANGSUNG TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Penulis 1 : ARINA IZATAKI FUADY (09302244063)
Penulis 2 : ZUHDAN KUN PRASETYO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian tugas berbentuk observasi langsung (OL) terhadap peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika dan (2) mengetahui perbedaan aktivitas siswa pada kelas yang menggunakan metode pemberian tugas OL dan kelas yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain equivalent time series dan dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan grafik dan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada kelas yang menggunakan metode pemberian tugas berbentuk observasi langsung lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas siswa dari pertemuan-1 ke pertemuan-2, namun menurun dipertemuan-3.

Kata Kunci
aktivitas siswa, metode pemberian tugas, observasi langsung

Abstract

The purpose of this research was to (1) determine effect of direct observation administration tasks method to impoving the student activity in learning physics, and (2) determine the difference of student activity in direct observation administration tasks method and conventional method. This research is categorized as an experimental study applying a equivalent time series design and was conducted at SMA N 4 Yogyakarta. The sample of this study was determined with the use of a purposive sampling technique. The data was collected using observation technique. Data were analyzed by using graphs and Independent Sample t-Test. The result of this research showed that students in the class using the direct observation task method more active. It is evident from the increased activity of student meeting-1 to meeting-2 but decreased in meeting-3.

Keyword
student activity, administration tasks method, direct observation
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)