Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

PEMBELAJARAN MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA KELAS XI DI KABUPATEN BANTUL

Penulis 1 : BETA ROMADIYANTI (09302241021)
Penulis 2 : RAHAYU D S R
Penulis 3 : YUSMAN WIYATMO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi tingkatan pendengaran serta metode, media, dan teknik evaluasi pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh distribusi tingkatan kehilangan pendengaran dan lama kehilangan pendengaran terhadap penguasaan materi getaran, gelombang, dan bunyi untuk siswa tunarungu kelas XI SMALB. Subjek penelitian ini adalah guru yang membelajarkan dan siswa tunarungu kelas XI yang sedang atau sudah belajar materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMALB Kabupaten Bantul. Data mengenai metode, media, dan teknik evaluasi pembelajaran dijaring melalui wawancara dengan guru, angket siswa, dan observasi pembelajaran. Sementara itu, data mengenai hasil belajar siswa dan distribusi tingkatan kehilangan pendengaran dijaring dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa SLB Marsudi Putra 1 yang difasilitasi tes audiometri semuanya mengalami profound losses, (2) metode pembelajaran yang digunakan guru untuk membelajarkan materi getaran, gelombang, dan bunyi adalah ceramah dan tanya jawab dipadu dengan metode demonstrasi dan diskusi, (3) media yang digunakan guru membelajarkan materi getaran, gelombang, dan bunyi adalah media grafis, (4) teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi tertulis, (5) pengaruh tingkat kehilangan pendengaran siswa pada penguasaan materi getaran, gelombang, dan bunyi pada penelitian ini sulit untuk digeneralisasi, karena jumlah siswa yang hanya 3 orang serta ditemukan nilai yang sama dari 2 orang siswa.

Kata Kunci
pembelajaran, getaran, gelombang, bunyi, tunarungu, SMALB

Abstract

This study aims to know the level distribution of hearing loss, also to know methods, media, and evaluation technique of learning. Besides that, this study also to know the influence of level distribution of  hearing loss to the mastering of vibrations, waves, and sounds material for deaf students grade IX in special high school. The subjects of this research are teacher and deaf students of the special senior high school in Bantul Regency who are in the middle of learning and have learnt to vibrations, waves, and sounds material. The data about methods, media, and learning evaluation technique are taken from interview with teacher, students’ questionnaire, and learning observations. While, data about students’ learning outcomes along and the level distribution of hearing loss are taken with documentation.The result of this study shows that : (1) the students of SLB Marsudi Putra 1 that are facilitated to audiometric test shows that all of students are catagorized in profound losses, (2) the learning method that is used by teachers from the special senior high school is seminar and question-answer combined with demonstration and discussion, (3) media that is used by teacher is the graphic media, (4) evaluation technique that is used by teacher is written evaluation, (5) the difference of students’ learning result based on the level of hearing loss very difficult to generalize, because there are 3 students and 2 of them have the same value of learning result.

Keyword
learning, vibrations, waves, sounds, deaf, special senior high school
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)