Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER MATERI TEORI KINETIK GAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA KELAS XI

Penulis 1 : ELISABETH PRATIDHINA (09302241001)
Penulis 2 : YOSAPHAT SUMARDI
Penulis 3 : PUJIANTO
Abstrak

Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas XI dengan materi teori kinetik gas. Pengembangan media dilakukan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini. Tujuan dalam penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui i) kualitas produk media pembelajaran, ii) pengaruh media pembelajaran terhadap penguasaan materi teori kinetik gas pada siswa, dan iii) fitur-fitur media yang paling membantu siswa dalam mempelajari materi teori kinetik gas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media yang dikembangkan sangat baik dan dapat meningkatkan penguasaan materi teori kinetik gas pada siswa apabila digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Menurut para siswa fitur yang membantu mempelajari teori kinetik gas adalah uraian materi dan simulasi interaktif.

Kata Kunci
fisika, teori kinetik gas, media pembelajaran berbasis komputer, belajar mandiri, pengembangan.

Abstract

This research is a development of physics learning media product as an individual learning resource for senior high school students grade XI on the kinetic theory of gases material. The developmental process of the media is using 4-D model which consists of four stages i.e. define, design, develop, and disseminate. The disseminate stage is not conducted in this research. On the developmental process, this research, aims to know i) the quality product of the learning media, ii) the effect of the use of the learning media on the student’s mastery learning on the kinetic theory of gas material, and iii) the media features, which help the students to learn kinetic theory of gases. The result of this study shows that the the quality of the learning media is categorized as very good and can increase the students’ mastery learning on the kinetic theory of gases material. According to the students, the media features which help the students most to learn the kinetic theory of gases are material feature and interactive simulation feature.

Keyword
physics, kinetic theory of gases, computer based learning media, individual learning, development.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)