Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL-SOAL FISIKA TENTANG ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Penulis 1 : LUTFIARI DIKANAMI (08302244009)
Penulis 2 : SUPARWOTO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang muncul saat siswa memecahkan soal-soal fisika dan merumuskan cara mengatasi kesalahan yang dialami siswa dalam memecahkan soal-soal fisika kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan alasan dan penjelasan. Penelitian ini dilakukan pada sub materi Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI semester 1. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Kesalahan yang banyak muncul saat memecahkan soal-soal fisika adalah: (a) menginterpretasikan grafik (70,2%), (b) kesalahan dalam penulisan simbol-simbol besaran fisika (41,4%), (c) salah dalam menggunakan rumus (28,4%), (d) salah dalam melakukan operasi perhitungan bilangan pecahan (37,0%), (e) salah dalam menuliskan satuan yang digunakan dalam besaran-besaran fisika (24,2%). Usaha untuk mengatasi kesalahan yang dialami siswa dalam memecahkan soal-soal fisika antara lain: (a) Perlu diadakan latihan soal berulang terutama pada soal yang memuat grafik. Supaya siswa lebih memahami makna yang tergambar di dalam grafik. (b) Perlu dikaji kembali tentang penulisan lambang/simbol-simbol yang digunakan dalam besaran fisika. (c) Perlu dikaji kembali dalam penurunan rumus sehingga, siswa tidak hanya menghafalkan satu rumus saja tetapi lebih ke pemahaman konsepnya. (d) Perlu diadakan latihan berulang tentang operasi hitungan bilangan pecahan. (e) Perlu dibiasakan menuliskan satuan di akhir perhitungan untuk mengetahui seberapa besar hasil yang diperoleh/terukur.

Kata Kunci
jenis kesalahan, persentase kesalahan, usaha mengatasi.

Abstract

This research aims to determine the faulting appearance when students solved physics exercises and to formulate the ways to prevent student’s fault when they was solving physics exercises XI level at Senior High School 2 Muhammadiyah Yogyakarta. The subject of this research is the students of XI level. This research method is survey method. Instrument is being used multiple choices test with the reason and the explanation.  Topics research about Elasticity and Hooke’s Law XI level at 1st semester. Analyze technique is quantitative analyze technique. The faulting is the most happened when the students solved physics exercises are: (a) graph interpretation (70,2%), (b) physics symbol written (41,4%), (c) wrong formula (28,4%), (d) students was wrong when they was doing operational fractional number (37,0%), (e) the students don’t understand about the units is being used in physical quantities (24,2%). Preventing effort to solve this problems: (a) to do a lot of practical in the focus graph problems, (b) to do a lot of practical about physics symbol written, (c) to do a lot of practical about derivative formula, so the students not only understand one formula, but also understand about physics concept, (d) to do a lot of practical about operation of fractional number, (e) write physics units in the end of the physical quantities, to know how much the result of the product being measured.

Keyword
kinds of fault, fault percentage, preventing effort
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)