Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

PENGEMBANGAN PENILAIAN TUGAS UNJUK KERJA SUB KETERAMPILAN MENGGUNAKAN MATEMATIKA DALAM SAINS UNTUK PERANGKAT PENILAIAN FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Penulis 1 : BUYUNG PRASETYO ADI (06302244038)
Penulis 2 : YUSMAN WIYATMO
Penulis 3 : DADAN ROSANA
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan format penilaian tugas unjuk kerja sub keterampilan menggunakan matematika dalam sains yang dapat digunakan sebagai perangkat penilaian pembelajaran fisika, (2) Mengetahui tingkat keterpakaian penilaian tugas unjuk kerja sub keterampilan menggunakan matematika dalam sains yang telah dikembangkan. Penilaian tugas unjuk kerja sub keterampilan menggunakan matematika dalam sains dikembangkan melalui model 4-D (Four D Models), yaitu : tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran divalidasi oleh 2 orang ahli yang terdiri dari seorang dosen dan seorang guru. Setelah dinyatakan layak, kemudian diujicoba dan diterapkan pada kelas X.A SMA Negeri 1 Depok Sleman yang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan rata-rata dan persentase. Penilaian tugas unjuk kerja sub keterampilan menggunakan matematika dalam sains mempunyai format rating scale (skala penilaian) yang terdiri dari 17 (tujuh belas) indikator penilaian. Penilaian tugas unjuk kerja sub keterampilan menggunakan matematika dalam sains memiliki tingkat keterpakaian sebesar 3,18 dengan hasil interpretasi yang baik. Kata Kunci
Pengembangan, Penilaian Unjuk Kerja, Keterampilan Menggunakan Matematika dalam Sains, Listrik Dinamis, dan Hukum Ohm.

Abstract The aim of the research is to: (1) Getting the format of performance task assessment sub using math in science which can be used as peripheral of physics study assessment, (2) Knowing the level usage of performance task assessment sub using math in science applied. Performance task assessment sub using math in science has been developed through model 4-D (Four D Models), that are: define step, design step, develop step, and disseminate step. Before it was tried, peripheral of study to be validated by 2 expert people consisted of a lecturer and a teacher. After expressing competent, then it was tried and applied at class of X.A SMA Negeri 1 Depok Sleman consisted of 36 students. The analysis technique is descriptive statistic with the mean and percentage. Performance task assessment sub using math in science has the rating scale format, which consist of 17 (seventeen) assessment of indicator. Performance task assessment sub using math in science has the level usage equal to 3.18 with the good interpretation result. Keyword
Development, Performance assessment, Using Math in Science, Dynamic Electrics Physic Items, and Ohm Rule.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)