Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN KERJA LABORATORIUM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN KELAS XI SMAN 1 SEYEGAN

Penulis 1 : SANDY YULIA HANISARI (08302244031)
Penulis 2 : SABAR NUROHMAN
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa(LKS) yang sesuai dengan karakteristik pendekatan kerja laboratorium. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan proses fisika siswa selama mengikuti pembelajaran kerja laboratorium pada materi elastisitas bahan.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Tahap pengembangan meliputi tahap 1 sampai dengan tahap ke 5. Tahap-tahap pada penelitian ini adalah melakukan pengumpulan informasi,  melakukan perencanaan, mengembangkan bentuk produk awal, melakukan uji coba lapangan pendahuluan, melakukan revisi terhadap produk utama. Uji coba pendahuluan atau uji coba terbatas dilakukan di kelas XI SMAN 1 Seyegan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan  dalam penelitian ini adalah RPP, lembar validasi LKS, lembar observasi keterampilan proses fisika, dan angket respon siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan berdasarkan uji validasi ahli pada aspek pendekatan penulisan, kedalaman konsep fisika, aspek penilaian, kegiatan siswa, dan penampilan fisik masing- masing berada dalam kriteria sangat baik. Untuk aspek kelengkapan identitas LKS, kejelasan kalimat dan kebahasaan berkriteria baik. Sedangkan persentase ketercapaian keterampilan proses fisika berupa menyusun hipotesis, keterampilan mengidentifikasi variabel, keterampilan mengisi tabel, keterampilan membuat grafik, keterampilan analisis investigasi, dan keterampilan menarik kesimpulan masing-masing sebesar 92%, 93%, 80%, 90%, 78%, dan 78%.

Kata Kunci
LKS, kerja laboratorium, keterampilan proses fisika

Abstract

This research aims to produce Student Worksheet (LKS) that is in suitable with the characteristics of laboratory work approach. This research also aims to cultivate the physics process skill of the students during the teaching of laboratory work in the material of substance elasticity.

This is a Research and Development(R&D) developed by Borg & Gall. The development stages include stage 1 to stage 5. The stages in this research are collecting information, making plan, developing initial product, conducting tryout, doing revision of the product. The initial tryout or limited tryout is done to grade XI SMAN 1 Seyegan in 1st semester in the academic year of 2012/2013. The instrument is Lesson Plan (RPP), Student Worksheet (LKS) validation sheet, physics process skill observation sheet, students’ response questionnaire. Data analysis is descriptive qualitative.

 The result shows that LKS developed based on expert validation test on the aspect of writing approach, the depth of physics concept, scoring aspects, student activity and physical appearance is in the criteria of very good. For LKS identity completeness, clarity of sentence and language is  in the criteria of good. Meanwhile, the percentage of the physics process skill achievement as compiling the hypothesis, skill of identifying variables, skill of filling the tables, skill of making graphs, skill of investigation analysis and the skill of drawing conclusion, is 92%, 93%, 80%, 90%, 78%, dan 78%.

Keyword
Student Worksheet (LKS), laboratoey work, physics process skill
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)