Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 2. Volume 2. No. 1. Februari 2013

PERBEDAAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI ANTARA METODE RESITASI BERBENTUK OPEN-ENDED QUESTIONS DAN METODE KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Penulis 1 : IKA SETIOWATI (09302244056)
Penulis 2 : ZUHDAN KUN PRASETYO
Penulis 3 : INSIH WILUJENG
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara metode resitasi berbentuk open-ended questions dan metode konvensional terhadap kualitas pembelajaran materi usaha dan energi di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Yogyakarta, kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil 16 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa untuk diobservasi pada saat pembelajaran. Objek penelitian ini berupa kualitas pembelajaran, dengan kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode resitasi berbentuk open-ended questions sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi kualitas pembelajaran, angket serta lembar keterlaksanaan selama tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode resitasi berbentuk open-ended questions memiliki kualitas pembelajaran yang lebih baik daripada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Kata Kunci
Metode Resitasi, Open-ended Questions, Kualitas Pembelajaran

Abstract This research aimed to determine the difference between the methods of recitation form of open-ended questions and conventional methods to quality learning materials work and energy in SMAN 4 Yogyakarta. Subjects in this research were students of class XI IPA SMAN 4 Yogyakarta, a class XI IPA 4 as the experimental class and the class XI IPA 5 as the control class. The sampling technique is done by using cluster random sampling technique, that is each class control or experiments taken 16 students of a total of 32 students to be observed during the learning instructions. Object of this research is quality of learning, the experimental class were treated using recitation method form of open-ended questions while the control class using conventional method. Data retrieval is done by observation sheet quality of learning, questionnaires and occurance sheet for three meetings. The research yielded classes are treated using the recitation methods form of open-ended questions have the quality of learning better than students who received instruction using conventional method.Keyword
Recitation Method, Open-ended Questions, Quality of Student Learning
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)