Jurnal UNY - Detail artikel

PGSD Penjaskes

6, Vol 6, April 2013

UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BESUKI KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO

Penulis 1 : BINGUN (10604227009 )
Penulis 2 : Dapan, M.Kes.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pendekatan bermain  dapat  meningkatan  pembelajaran  lari  cepat  pada  siswa  kelas  V  SD Negeri 1 Besuki Kecamatan  Wadaslintang  Kabupaten  Wonosobo.  Penelitian  ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 siswa putri dan 11 siswa putra. Adapun  metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar              pengamatan                    dan                      angket.                 Hasil      penelitian    menunjukkan     bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari cepat untuk kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan hasil   angket,   terlihat   aktivitas,   sikap   dan   rasa   senang   dikategorikan   baik, sedangkan hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 60,87% siswa yang mampu melakukan  gerakan  lari cepat dengan  benar, pada siklus 2 meningkat  menjadi 78,26%  siswa,  dan  meningkat  pada  siklus  3,  yaitu  sebesar  100%  siswa  yang mampu melakukan gerakan lari cepat dengan benar.

Kata Kunci
lari cepat, pendekatan bermain.

Abstract

This research aims to find out how big a learning approach  to improve the play can  run  quickly  on  grade  V  SD  Negeri  1  Besuki  Subdistrict  Wadaslintang  Wonosobo Regency. This research is a study of a class act. The subject of research is the grade V SD Negeri 1 Besuki Subdistrict Wadaslintang  Wonosobo Regency that add up to 23 people, which  consists  of 12  students  the  daughter  and  son  of 11 students.  As for  the  data collection  methods  used in this research  is to use sheets of observation  and question form. The results showed  that approach  to the play can enhance  learning  run fast for the class V SD Negeri 1 Besuki Subdistrict  Wadaslintang  Wonosobo  Regency. Based on the results of question form, visible activity, attitude and a sense of happy categorized well, whereas the results of the evaluation on cycle 1 of 60,87% of students are able to do the movement correctly, fast run on cycle 2 increased to 78,26% of students, and the increase  in cycle  3, i.e. 100%  of students  who  are able to do a quick  run movement correctly.

Keyword
Run Sprint, the approach play
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
March 2015
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
MONITORING DAN EVALUASI MAHASISWA BIDIKMISI UNY
PENANDATANGANAN MOU ANTARA UNY DAN UNIVERSITY OF AUCKLAND, NEW ZEALAND
MAHASISWA FBS IKUTI WORKSHOP PKM
PELEPASAN KKN MANDIRI SEMESTER GENAP
HIMA D3 FE GELAR D3 CUP 2015


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)