Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. II No. 1 Tahun 2013

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR MELALUI METODE GYROSCOPE PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 CAWAS

Penulis 1 : RIFAL ERNANDI N (08104244015)
Penulis 2 : -
Penulis 3 : -
Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cawas melalui metode gyroscope. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan skala psikologis. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan skala pengambilan keputusan karir. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang terdiri dari pengenalan pengambilan keputusan karir karir, mengidentifikasi minat dan bakat, mengisi lembar tugas gyroscope karir, diskusi kelompok, membuat poster dan cerita bergambar hasil diskusi kelompok, dan presentasi. Presentasi pada siklus I dilaksanakan dengan berkelompok, sedangkan pada siklus II presentasi dilaksanakan secara individu dan dengan formasi peserta presentasi secara melingkar. Peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karirdibuktikan dengan perolehan rerata hasil pre-test sebesar 65,2%, rerata siklus I sebesar 74,7%, dan rerata siklus II sebesar 81,1% yang berada pada kategori tinggi.

Kata Kunci
kemampuan pengambilan keputusan karir, gyroscope

Abstract

Abstract

This research aims to  increase ability of career decision making in class XII SMA Negeri 1 Cawas through gyroscope method. Type of Research is a class act. The methods used are observation, psychological scale and interview. The instrument used were interview, observation, and career decision making ability scale. The research conducted in 2 cycle. The result of research show that action which consist of recognition of career decision making, identifying talent and interest, filling career gyroscope task sheet, group discussion, making pictorial story and poster the result of group discussion, and presentation. Presentation at first cycle executed by group, while at second cycle presentation executed by individually and with presentation participant in circle formation. The enhancement Improved career decision-making ability as evidenced by the acquisition average of the pre-test  65.2%, 74.7% in the first cycle average, and 81,1% for the second cycle average which is in the high category.

Keyword
career decision making ability, gyroscope
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
August 2014
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
BEASISWA BIDIKMISI MEWUJUDKAN IMPIAN
LEA STIK MANIS
SARI BUAH SALAK KARYA MAHASISWA FBS UNY
TAS LAPTOP BERKAKI EMPAT SERBAGUNA, INOVATIF, DAN PRAKTIS
Project IDB Dimulai dengan Pembangunan Gedung Laboratorium Musik dan Tari


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)