Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. IV No. 12 Tahun 2015

PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Penulis 1 : NURUL HIDAYATI (11104241036)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu, skala keterampilan komunikasi interpersonal, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Subyek penelitian ini yaitu sepuluh siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Teknik sosiodrama yang dilakukan melalui tahapan mendiskusikan tema dan naskah drama, bermain drama yang hanya disaksikan oleh teman yang terlibat dalam sosiodrama, bermain drama yang disaksikan oleh para penonton luas dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata pra-tindakan 61,3, post tes I 109,9, pasca-tindakan II 134,1 pada siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil uji Wilcoxon, observasi, dan wawancara.

Kata Kunci
keterampilan komunikasi interpersonal, sosiodrama.

Abstract

This research aims to improve interpersonal communication skills of SMK Perindustrians students in Yogyakarta. This study is an action research that is conducted in two cycles with Kemmis & McTaggart model. Data collecting techniques employs interpersonal communication skills scale, observation and interview. The respondents of this research are ten students of SMK Perindustrian Yogyakarta. The results shows that the sociodramas technique can increase interpersonal communication skills of SMK Perindustrians students in Yogyakarta. Sociodramas technique performed through the stages of discussing the theme and plays, dramatic play only witnessed by a friend who is involved in sociodrama, play drama witnessed by the audience who was not involved in sociodramas This is evidenced by a significant increase in the average score pretest 61.3, pasca-tindakan I 109.9, post-test II 134.1 on Industry, Yogyakarta vocational students. These results is also encouraged with Wilcoxon test result, observation, and interview.

Keyword
interpersonal communication skill, sosiodrama
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
August 2018
ASSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)