Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. IV No. 12 Tahun 2015

UPAYA MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Penulis 1 : HESTI NURUL KHOTIMAH (11104244022)
Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena perilaku agresif pada siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif melalui teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 10 orang siswa kelas VII C yang berperilaku agresif. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku agresif. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang mencapai kriteria 30% siswa memiliki kategori rendah. Prosentase pra tindakan kriteria perilaku agresif sedang 90% dan rendah 10%. Siklus I belum mengalami penurunan. Siklus II prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 70% , rendah 20% dan tanpa keterangan 10%. Pada Siklus III prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 60% rendah 30% dan tanpa keterangan 10%.

Kata Kunci
perilaku agresif, teknik sosiodrama, siswa sekolah menengah pertama

Abstract

This study was conducted based on the phenomenon of aggressive behavior in class VII C SMP 14 Yogyakarta academic year 2014/2015. This study to reduce aggressive behavior through sociodrama
techniques. This research is a classroom action research with research subjects 10 students of class VII C who behave aggressively. The validity of research instruments using validitas judgement. The technique of collecting data using questionnaires and observation. Data analysis techniques in this study using quantitative descriptive. Results of research that has been conducted shows sociodramas technique can reduce aggressive behavior. This is evident from criteria of 30% of students have a lower category. Percentage of pre-action aggressive behavior criteria were 90% and 10% lower. Cycle I have not declined. Cycle II percentage decreased generate aggressive behavior criteria were 70%, 20% lower and 10% without any explanation. Cycle III on the percentage decreased generate aggressive behavior criteria were 60% lower 30% and 10% without any explanation.

Keyword
aggressive behavior, techniques sociodrama, junior high school students
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2018
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)