Jurnal UNY - Detail artikel

PGSD Penjaskes

11, Vol 11, Nopember 2015

HAMBATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA KELAS ATAS TAHUN AJARAN 2014/2015 SD NEGERI NGAWONGGO 1 KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Penulis 1 : DHIKA LAKSMONO (11604224021)
Penulis 2 : A. Erlina Listyarini, M.Pd
Abstrak

Siswa dalam mengikuti pembelajaran permainan tradisional di SD
Negeri Ngawonggo 1 kurang antusias, sehingga dalam hal ini diindikasikan
terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran permainan tradisional di SD
Negeri Ngawonggo 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan
pembelajaran permainan tradisional bagi siswa kelas atas di SD Negeri
Ngawonggo 1 Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk
dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas atas SD N
Ngawonggo 1 yang berjumlah 70 siswa. Metode yang digunakan yaitu
metode survai. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan angket yang
terdiri dari 39 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kemudian dianalisis
menggunakan dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hambatan pembelajaran permainan tradisional kelas atas SD Negeri
Ngawonggo 1 Kabupaten Magelang Jawa Tengah pada kategori “sangat
tinggi” sebesar 6 %, kategori “tinggi” sebesar 24 % pada kategori “sedang”
sebesar 44 %, pada kategori “rendah” sebesar 20 %, dan pada kategori
“sangat rendah” sebesar 6 %. Hambatan pembelajaran permainan tradisional
kelas Atas SD Negeri Ngawonggo 1 Kabupaten Magelang Jawa Tengah
berkategori “sedang” dengan persentase 44 %.

Kata Kunci
Hambatan pembelajaran, permainan tradisional, siswa kelas atas.

Abstract

In following traditional play learning at SDN Ngawonggo 1, student
not antusias so that indicated there some obstacle in this learning. This
research aims to knowing obstacle in this learning for upper class students in
SD Ngawonggo 1. It can be categorized in descriptive research. Subject in
this research are sudents upper class in SD N Ngawonggo 1. The study
employed the survey method and the research population comprised all
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Pendidikan UNY Edisi 4 Tahun ke 3 2015
participants from Grades 4, 5, and 6 with a total of 74 students. The data
were collected through a questionnaire. The instrument was validated by an
expert lecturer and its reliability was also assessed. The data were analyzed
by the descriptive statistical technique using categories and percentages. The
results of the study show the identification of the obstacle in learning play
traditional; in categorized “very high” amount of 6%, in categorized “high”
amount of 24%, in categorized “moderate” amount of 44%, in a categorized
“low” amount of 20%, and in categorized “very low” amount of 6%. The
obstacle of traditional play learning in upper class at SD N Ngawonggo 1
District Magelang Jawa Tengah in categorized oderate” with precentages
44%.

Keyword
learning obstacle, traditional playing, upper class students
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)