Jurnal UNY - Detail artikel

PGSD Penjaskes

11, Vol 11, Nopember 2015

TINGKAT KETERLAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERISE KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Penulis 1 : DIMAS FAJAR HARMAWAN (11604224046)
Penulis 2 : Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes
Abstrak

Keberadaan usaha kesehatan sekolah (UKS), merupakan program pemerintah yang wajib ada
dan dilaksanakan di sekolah dalam pelayan dan pendidikan kesehatan atau kebiasaan hidup sehat di sekolah dan diterapkan di lingkungan sekitar.Keterlaksanaan UKS secara maksimal dan dapat
membantu atau berperan penting dalam pelayanan dan pendidikan kesehatan di sekolah. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembina dan Kepala Sekolah di 5 Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kokap, menunjukan bahwa UKS belum terlaksana secara baik pelaksanaan program TRIAS UKS.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan UKS di SD Negeri se-
Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif,dengan menggunakan metode survei dan instrumen pengumpulan data (alat)menggunakan angket.Subjek penelitian adalah pembina UKS di SD Negeri se-Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 31 sekolah dasar negeri. Teknik yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang terkumpul menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian
tingkat pengelolaan UKS di SD Negeri se-Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo menunjukan
bahwa terdapat 6,4% (2 Sekolah Dasar) pengelolaan UKS yang berada pada kategori sangat baik,
26% (8 Sekolah Dasar), pengelolaan yang berada pada kategori baik, 32,2% (10 Sekolah Dasar)
pengelolaan UKS yang berada pada kategori cukup baik, 29% (9 Sekolah Dasar) pengelolaan UKS
pada kategori kurang baik dan 6,4% (2 Sekolah Dasar), pengelolaan pada kategoritidak baik.

Kata Kunci
Pelaksanaan, Usaha Kesehatan Sekolah

Abstract

The school health unit (SHU) is a government program that must be available and implemented
at school to provide services, health education, and healthy life style applied at school and in the
surrounding environment. The maximal SHU implementation can help and play an important role in
services and health education at school. The results of the observations on guides and principals at 5
state elementary schools in Kokap District show that the SHU has not been well implemented,
especially in the implementation of the three main programs of the SHU. This study aimed to
investigate the level of the implementation of the SHU at state elementary schools in Kokap District,
Kulon Progo Regency. This was a quantitative descriptive study employing the survey method and the
data collecting technique was a questionnaire. The research subjects were SHU guides at state
elementary schools in Kokap District, Kulon Progo Regency, with a total of 31 schools. The technique
was the total sampling technique. The data were analyzed by means of the descriptive technique using
percentages. The results of the study of the level of the SHU management at state elementary schools in Kokap District, Kulon Progo Regency, showed that 6.4% (2 schools) were in the very good
category, 26% (8 schools) in the good category, 32.2% (10 schools) in the moderately good category,
29% (9 schools) in the fairly poor category, and 6.4% (2 schools) in the poor category.

Keyword
Implementation, School Health Unit
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)