Jurnal UNY - Detail artikel

PGSD Penjaskes

11, Vol 11, Nopember 2015

MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MERODA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 SUMAMPIR KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Penulis 1 : SULISTIYO WIBOWO (11601247055)
Penulis 2 : F. Suharjana, M.Pd
Abstrak

Tujuan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai meroda dengan
pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten
Purbalingga, yang meliputi: proses pembelajaran guru, hasil belajar siswa, dan minat siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah Siswa Kelas
V SD Negeri 4 Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga yang berjumlah
keseluruhan 26 siswa, terdiri dari 19 siswa putra dan 7 siswa putri. Instrumen penelitian, yaitu:
Pengamatan Kinerja Guru, Rubrik Penilaian Kemampuan Meroda, dan Kuesioner Minat Siswa.
Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator keberhasilan, yaitu: Hasil
pengamatan kinerja guru telah mendapatkan skor ≥ 31 dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran
berlangsung dengan sangat “baik” dan Hasil belajar siswa, proses pendekatan bermain, dan minat
siswa, yaitu sebanyak 80% dari total siswa dalam satu kelas telah mencapai kriteria “tuntas”.
Hasil penelitian menunjukkan terbukti bahwa kenyataannya dalam keseluruhan sebanyak 4 kali
pertemuan di dua siklus sudah dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar meroda, yaitu: (1)
Proses pembelajaran guru dengan mendapatkan skor 38, sehingga telah sesuai dengan indikator
keberhasilan, yaitu skor minimal ≥ 31dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran guru berlangsung
dengan “sangat baik”. (2) Hasil belajar gerak dasar meroda sebanyak 21 siswa dari keseluruhan
26 siswa atau sebesar 80,77% “tuntas” dalam mengikuti pembelajaran meroda dan sudah sesuai
indikator keberhasilan, yaitu: KKM 75 dan minimal sebanyak 80% dari total siswa dalam satu
kelas “Tuntas” masuk dalam kategori penilaian “baik” dan “sangat baik”. (3) Peningkatan minat
siswa telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 80% dari total siswa
dalam satu kelas masuk dalam kategori penilaian “baik” dan “sangat baik”.

Kata Kunci
Peningkatan, Pembelajaran, Senam Lantai Meroda, Pendekatan, Bermain.

Abstract

The research objective is to improve the learning of cartwheel gymnastics with the playing
approach on the fifth grade students of SD Negeri 4 Sumampir, Rembang Purbalingga, which
includes: the learning process from the teachers, students learning outcomes, and the interests of
the students. This research was a classroom action research (CAR). The subjects were the fifth
grade students of SD Negeri 4 Sumampir, Rembang, Purbalingga with the total of 26 students,
consisted of 19 male students and 7 female students. The research instruments were: Observations
Teacher Performance, Capabilities Assessment Rubric for Cartwheel and Interests Student
Questionnaire. The data analysis was done by using descriptive analysis of quantitative data on
the percentage. The indicators of success were: The observation of teacher performance gained
the score of ≥ 31 in other words the implementation of the learning was done in a very ”good”
and the students learning outcomes, the playing approach, and the interests of the students were
for about 80% of the total students in the class and it achieved the criteria of ”accomplished”. The
results give the evidence that in the reality the whole 4 meetings in two cycles have been able to
improve the cartwheel basic moves learning, namely: (1) The learning process from the teachers
gains the score of 38, so that it is according to the indicators of success, which is the minimum
score ≥ 31 in other words, the implementation of teacher learning is in the category of ”very
good”. (2) Results of cartwheel basic moves learning from 21 students out of the total 26 students
or at 80.77% is in the category of ”accomplished” and it is according to the success indicators, in
which: the KKM score is minimal at 75 and a minimum of 80% of the total students in one class
and it is in the ”accomplished” category especially in the level of ”good” and ”excellent”. (3)
Increasing students’ interest is in accordance with the indicators of success, which is at least 80%
of the total students in one class in the category of ”good” and ”excellent”.

Keyword
Improvement, Learning, Cartwheel Gymnastics, Approach, Playing.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)