Jurnal UNY - Detail artikel

PGSD Penjaskes

11, Vol 11, Nopember 2015

PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOTIRTO KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN DIY TAHUN AJARAN 2014/2015

Penulis 1 : Dwinita Sulistyaningsih, A.Ma.Pd (13604227025)
Penulis 2 : A. Erlina Listyarini, M.Pd
Abstrak

Kemampuan guling depan siswa dari sikap awalan, gerakan mengguling, dan sikap akhir masih
kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan
melalui permainan pada siswa kelas IV SD Negeri Nogotirto Kecamatan Gamping. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri
Nogotirto Kecamatan Gamping yang berjumlah 26 anak, terdiri atas siswa putra sebanyak 12 anak
dan siswa putri sebanyak 14 anak. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja guling depan.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif
dengan bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan
hasil pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan permainan ditandai dengan
peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,08 dan persentase ketuntasan sebesar 57,69%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan senam guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 82,82 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,77%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan permainan berlangsung dinamis dan menyenangkan dan hasil pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan. Kemampuan guling depan peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.

Kata Kunci
guling depan, pendekatan permainan

Abstract

The ability of students bolsters front of the attitude of a prefix, oust or dispossess him.
movement, And attitude the end was less than satisfactory. This study attempts to promote learning
gymnastic the floor a bolster future through the game to their students fourth grade nogotirto land
gamping. The research is the act of class research. A subject in this research is a student of class of
public school IVA nogotirto gamping which totaled 26 children, consists of students son as many as
12 children and students daughter as many as 14 child. An instrument used namely a test on a bolster
front work. The data analysis technique used hearts husband is descriptive qualitative research and
quantitative with fg form. Based on the findings of research it can be concluded that the increase in
floor gymnastics learning findings through an approach bolsters home games marked with students
value increase on average. The average value of initial condition for students at 73.08 and at 57.69%
completeness. However, the increase is still not reached the target set earlier ones. The taxable income then proceed to cycle II average value of gymnastics ability bolsters front students back increased by 82.82 with complet ness of 80.77%. This shows that the previously set target That Has Already achieved so that the study was stopped on cycle II. Floor gymnastics learning process through an approach bolsters front games lasted dynamic and exciting commercial article surveillance against
teachers currently also increased each learning in the meeting. Ability bolsters Home Learners marked
with increased by students completed KKM (Criteria Complete Minimal) That 75.

Keyword
bolsters front, games approach
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)