Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Seni Kerajinan - S1 (e-Craft)

Vol 4, No 5 (2015)

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK TULIS DI KELAS XI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Penulis 1 : RAODATUL HASANAH (11207244024 )
Penulis 2 : Ismadi, S.Pd., M.A.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
keterampilan batik tulis untuk tunarungu kelas XI di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman.
Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas XI yang berjumlah dua orang yaitu Siti dan Rudi. Setting
penelitian ini mengambil tempat di SLB-B Wiayat Dharma 1 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
keterampilan batik tulis pada anak tunarungu di kelas XI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui: 1) wawancara, 2)  observasi, 3) dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahaan data dilakukan
dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan ketekunan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan cara
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa; (1) perencanaan pembelajaran  dimulai  dengan
proses penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2)  pelaksanaan pembelajaran menggunakan
metode ceramah, demostrasi, dan unjuk kerja. Pada pengembangan motif batik guru membebaskan peserta didik untuk
mengembangkan daya kreativitasnya dalam membuat motif desain batik, sehingga desain motif yang dihasilkan
memunculkan karakteristik dari peserta didik itu sendiri, (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran
keterampilan batik tulis yaitu penilian pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif yaitu guru melakukan
penilaian dengan cara mengamati peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai dengan indikator
yang sudah ditetapkan. Pada ranah psikomotorik yaitu guru melakukan evaluasi dengan cara menilai hasil karya
peserta didik, dari hasil mendesain motif dan hasil karya batik tulis. Berdasarkan hasil evalusi yang dilakukan oleh
guru menunjukan bahwa pembelajaran keterampilan batik tulis sudah memenuhi KKM dengan presentase nilai Rudi
86, dan Siti 85.

Kata Kunci
Keterampilan Batik Tulis, Tunarungu

Abstract

The study aims to give me a description of the planning, execution and evaluation of learning skills of batik
class XI in SLB Wiyata Dharma 1 Sleman.  
The subject of this study is the deaf class XI an the people, namely Siti and Rudi. Setting this research takes
place in SLB Wiyata Dharma 1 Sleman, Yogyakarta. The study using  the sort of descriptive set of qualitative and
described about the planning, execution an evaluation of learning skills of batik in children with hearing impairment
class XI in SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. The data collection in the air the rough: 1) interviews, 2) observations, 3)
and documentation. The examination valid data is done by the extension of participation, triangulation, and persistence
surveillance. Analysis of data by the reduction of data, display data, and the withdrawal of the conclusion.  
Based on this research could be described that; 1) planning of learning starts with preparation of the syllabus
an the  implementation of the learning,  2) the learning using the method of lectures, demonstrations, and work
performance. In the developmentof batik motifs teacher let students of the develop the creativity in making the motive
for the design of batik, so that the design motifs that are produced to the characteristics of the learners themselves, 3)
the evaluation conducted by teacher of learning skills of batik which is an assessment in the areas of their affective an
psikomotorik. In the realm of their affective an teacher to assess in a way to observe the participants for learning
activities took place in accordance with indicators that have been  defined. In the realm of psikomotorik the teacher did
an evaluation to assess the work of students from the design motifs and the work of the batik.  Based on the results of
evaluation conducted by the teacher showed that learning skills of batik has met criteria for completeness at least
(KKM) with percentage value Rudi 86, and Siti 85.

Keyword
the skills of batik, hearing impaired
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)