Jurnal UNY - Detail artikel

PSGD - S1

Vol. IV No. 16 September 2015

STUDI EKSPLORASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR UNGGULAN AISIYAH BANTUL

Penulis 1 : ARIF TRI HANANTA (11108241142)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program untuk pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru kelas, orang tua, dan siswa. Objek penelitian berupa pelaksanaan pendidikan kewirausahaan meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan kewirausahaan direncanakan melalui rapat pembahasan program kemudian hasilnya dijabarkan guru dalam kegiatan sekolah. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dilaksanakan secara terintegrasi melalui mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kultur sekolah. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan melalui kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan market day, home skill, dan kunjungan industri. Evaluasi pendidikan kewirausahaan dilakukan dengan membuat daftar cek list untuk menilai perkembangan serta kemampuan siswa dalam kewirausahaan

Kata Kunci
pendidikan, kewirausahaan

Abstract

This study aims to identify the planning process, the implementation and evaluation of entrepreneurship education in Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul. The type of this research is descriptive qualitative. The subject o this research are vice headmaster as a curriculum division, teachers, parents, and students. The object of this research is the implementation of entrepreneurship education including the planning process, the implementation, and the evaluation. The methods of collecting data are observation, interview, and documentation. The results show that the entrepreneurship education planning are planned by the program discussion meeting, then the results are displayed by the teachers in school activities. The implementation of entrepreneurship education is integrated to the school subjects, extracuricular activities, and school culture. The implementation of entrepreneurship education through extracuricular activities has done by market day, home skill, and industrial visit program. The evaluation of entrepreneurship education is done by making check list to evaluate the progress and ability of students in entrepreneurship.

Keyword
education, entrepreneurship
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)