Jurnal UNY - Detail artikel

PEND. TEKNIK BUSANA - S1

Vol 4, No 5 (2015)

PENGGUNAAN ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN TIPE STAD UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR POLA KEMEJA

Penulis 1 : ARUM KUSUMAWATI (10513244007)
Penulis 2 : Dr. Widjiningsih
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) pelaksanaan metode STAD berbantuan media adobe flash dalam pembelajaran membuat pola kemeja ; 2) peningkatan hasil belajar  pembuatan pola kemeja pria menggunakan metode STAD  berbantuan media adobe flash  di SMK Ma’arif 2 piyungan ; 3) pendapat siswa terkait penerapan metode STAD berbantuan media adobe flash dalam pembelajaran membuat pola kemeja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi.Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 2 Piyungan dengan subjek penelitian adalah15 siswa pada kelas XI Busana Butik. Uji validitas berdasarkan pendapat dari judgement expert,seperti ahli model pembelajaran, ahli materi, ahli media dan guru mata diklat  busana pria dan reliabilitas menggunakan inter rater agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ; 1) pelaksanaan metode STAD berbantuan media adobe flash  dalam pembuatan pola kemeja pria sebelum dikenai tindakan guru menjadi central dalam pembelajaran, setelah dikenai tindakan siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran ; 2) peningkatan hasil belajar pembuatan pola kemeja pria menggunakan metode pembelajaran tipe STAD  berbantuan media adobe flash pada pra siklus dari 15 siswa dinyatakan bahwa 20% (3 siswa) tuntas, pada siklus I  terjadi peningkatan sebesar 53%  menjadi 73% (11 siswa) tuntas, pada siklus II seluruh siswa memenuhi KKM ; 3) pendapat siswa terkait penerapan metode pembelajaran STAD dengan berbantuan media adobe flash dapat memudahkan dalam mempelajari materi yang diajarkan secara berkelompok sehingga mampu  mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan mampu meningkatkan respon siswa dalam menerima materi pembelajaran dapat diketahui pula pada hasil angket perolehan rerata 78,46  masuk dalam kategori baik.

Kata Kunci
pembelajaran kooperatif tipe STAD, media adobe flash

Abstract

This study aims to investigate: 1) the implementation of the STAD method assisted by adobe flash media in the learning of shirt design making, 2) Regarding the improvement of the learning outcomes of men’s shirt design making through the STAD method assisted by adobe flash media at SMK Ma’arif 2 Piyungan, and 3) students’ opinions of the application of the STAD method assisted by adobe flash media in the learning of shirt design making. This was a collaborative classroom action research study employing the research design by Kemmis and McTaggart implemented in accordance with the following research procedure: planning, action, observation, and reflection. The study was conducted at SMK Ma’arif 2 Piyungan. The research subjects were 15 students of  Grade XI of Boutique Clothing. The validity was assessed by expert judgment involving a learning model expert, a materials expert, a media expert, and a teacher of the men’s shirt subject.and inter – rater reliabilty using agreement. The data were analyzed by means of the descriptive technique. The results of the study were as follows. 1) Regarding the implementation of the STAD method assisted by adobe flash media in the men’s shirt design making before the action, the teacher was the center in learning; after the action, the students played active roles in learning. 2) Regarding the improvement of the learning outcomes of men’s shirt design making through the STAD learning model assisted by adobe flash media, in the pre-cycle, of 15 students, 3 students (20%) attained the mastery. In Cycle I, an increase of 53% to73%(11 students) attained the mastery ; in Cycle II all students the minimum mastery criterion. 3) The students’ opinions of the application of the STAD learning method assisted by adobe flash media showed that it facilitated them to learn the materials taught in groups so that they were capable of accomplishing the tasks assigned by the teacher and improving their responses in understanding the learning materials. The results of  the questionnaire showed a mean score of 78.46, which was good. 

Keyword
STAD type cooperative learning, adobe flash media
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)