Jurnal UNY - Detail artikel

Bahasa Jerman - Theodisca Lingua

Vol. IV, No. 5 Tahun 2015

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 KLATEN MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT

Penulis 1 : TRI HUTAMI WARDOYO (11203241010)
Penulis 2 : Dr. Sulis Triyono, M.Pd.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten dalam proses pembelajaran bahasa Jerman dan (2) prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti, peserta didik, dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) keberhasilan  proses dan (2) keberhasilan produk. Indikator keberhasilan proses dapat dilihat dari meningkatnya motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Persentase motivasi belajar peserta didik berdasarkan observasi sebelum diberi tindakan hingga akhir siklus II meningkat sebesar 16,61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Indikator keberhasilan produk dapat dilihat dari meningkatnya prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Nilai rata-rata keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten membaik. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 22,14%.

 

 

Kata Kunci
Penelitian Tindakan Kelas, metode Cooperative Script, keterampilan membaca bahasa Jerman

Abstract

The research aimed to described the increase in: (1) the motivation of the students  in learning German language, (2) the achievement of German language reading skills of grade 11th Social 3 of SMAN 2 Klaten research was a classroom action research. Subject of this research was the grade 11th Social 3 of SMAN 2 Klaten. This classroom action research consisted of two cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The data were analyzed using descriptive qualitative. The results of this research showed that: (1) there was a successful in process showed by the increasing of students’s motivation on learning German language reading skills by16,61% , and (2) there was a successful product showed by the increasing of the achievement of German language reading skills of grade 11th Social 3 of SMAN 2 Klaten through Cooperative Learning Method Type Cooperative Script by 22,14%.

 

 

Keyword
Classroom action research, Cooperative Script, German reading skill
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)