Jurnal UNY - Detail artikel

Bahasa Jerman - Theodisca Lingua

Vol. IV, No. 5 Tahun 2015

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Penulis 1 : ALEK KURNIAWAN (11203241038)
Penulis 2 : Dra. Tri Kartika Handayani, M.Pd.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan media video animasi dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 127 peserta didik. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengambilan sampel diperoleh kelas X MIA 4 (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menyimak bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Hasil analisis data uji-t menghasilkan thitung 2,688 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menyimak bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannza sebesar 8,13%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 8,0323 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol 7,5031. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman.

 

Kata Kunci
Media video animasi, keterampilan menyimak

Abstract

This research was aimed to find out: (1) the differences in learning achievement in German listening skill among the students of class X of MIA SMA NEGERI 1 Sedayu Bantul between the students who are taught using animation video and the students who are taught using conventional media, (2) the effectiveness of animation video in the learning of German listening skill among the students of class X of MIA SMA NEGERI 1 Sedayu Bantul. This research is a quasi experimental. This research was conducted at SMA NEGERI 1 Sedayu Bantul. The subjects of this research were all the students of class X, in which there are 127 students. The data collecting technique in this research used simple random sampling. Based on the results of sampling, the class of X MIA 4 (31 students) was experimental class and the class of X MIA 2 (32 students) was the control class. The data were obtained from the score of the pre-test and post-test of German language listening skills. Based on the results of the research, the data shows that tobtained was greater than ttable (2,688 > 2,000) with significance level α = 0.05. This means that there is a difference in the learning achievement of German listening skills between the experimental class and the control class. The average value of the post-test experimental class was 8,0323 higher than the average value of the post-test control class which is 7,5031. The weight of the effectiveness is 8,13%, so it can be concluded that animation video is effective in the learning of German listening skill.

 

Keyword
Animation video media, listening skill
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)