Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYAJIKAN CONTOH-CONTOH ILUSTRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

Penulis 1 : TUTIK LESTARI (10520244042)
Penulis 2 : MUHAMMAD MUNIR, M.Pd
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari pada kompetensi dasar menyajikan contoh-contoh ilustrasi melalui penerapan model project based learning dan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas Multimedia 1 semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi hasil belajar siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penerapan model pembelajaran project based learning dan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia 1 pada kompetensi dasar menyajikan contoh-contoh ilustrasi. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar afektif sebesar 68,86%. Persentase tersebut meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83,32%. Pada hasil belajar psikomotorik dibagi menjadi dua yaitu hasil belajar psikomotorik individu dan kelompok.Pada siklus I, rata-rata persentase peningkatan hasil belajar psikomotorik individu sebesar 62,97%. Persentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi 86,85%. Presentasi hasil belajar psikomotorik kelompok pada siklus I sebesar 75,66%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci
Project Based Learning (PBL), Demonstrasi, Hasil Belajar

Abstract

Abstract
This study is aimed to increase the study result of the students from the XI grade of Multimedia class 1 in Muhammadiyah Vocational High School Wonosari, specifically in basic competence of providing the examples of illustration with implementation of Project Based Learning model and demonstration method. This study is categorized as class action (classroom action research). The subject of the study was students from Multimedia class 1 first semester of the academic year 2014/2015 which consist 31 students. This study had been conducted in two cycles. Data collection techniques in this study used observation sheet of students’ learning outcomes, field notes, and documentations. The method used in the data analysis is quantitative descriptive analysis method. The result of this research shows that the effort of implementation of Project Based Learning
P e n i n g k a t a n H a s i l B e l a j a r . . . ( T u t i k L ) 2
model and demonstration method can increase students’ learning outcomes of the students in XI grade of Multimedia class 1, specifically in basic competence of providing the examples of illustration. This can be proven by the increasing of students’ learning outcomes at each cycle. In the 1st cycle, the average of students’ affective learning outcomes is 68,86%. This results is higher in the 2nd cycle that reach 83,32%. The psycho motoric learning outcomes are divided into two elements; individual and group. In the 1st cycle, the average of individual psycho motoric learning outcomes is 62,97%. This results then increased in the 2nd cycle becoming 86,85%. Meanwhile, the 1st cycle of group psycho motoric learning outcomes is 75,66%, while the 2nd one is increasing up to 84,33%. This can be concluded that the implementation of Project Based Learning model and demonstration model can increase the learning outcomes of the XI grade of Multimedia class 1 in Muhammadiyah Vocational High School in the academic year of 2014/2015.

Keyword
Project Based Learning, demonstration, learning outcomes
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)