Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TKJ SMK N 1 PLERET

Penulis 1 : RIFATULIHA AFIANA (11520244012)
Penulis 2 : DJOKO SANTOSO, M.Pd
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan meteode
STAD; (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode TAI; (3) mengetahui
perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode STAD dan TAI pada mata pelajaran
Elektronika Dasar pada siswa kelas X TKJ SMK N 1 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pretest posttest equivalent group design (design
kelompok pretes postes). Uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji
Kolmogorof-Smirnov dan untuk uji homogenitas menggunakan uji Lavene. Teknik analisis
data untuk pengujian hipotesis menggunakan tumus uji-t polled varians dua sample independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode
STAD rata-rata nilai hasil belajar adalah 75,16; (2) Hasil belajar siswa menggunakan metode
TAI adalah 62,66; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara metode STAD dan TAI. Hal ini
dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai postes
siswa bahwa thitung yaitu -3,598 lebih kecil dari pada ttabel yaitu -2,2971.

Kata Kunci
Student Team Achievement Devision (STAD), Team Assisted Individualization (TAI), Hasil belajar, Elektronika Dasar

Abstract

Abstract
This research is aimed (1)to find out the results of student learning using STAD; (2)to find
out the results of student learning using TAI; (3) to find out differences in learning results using
the method of STAD and TAI on Basic Electronics subjects in class X TKJ SMK N 1 Pleret. This
is a quasi-experimental research using pretest-posttest group design equivalent. Normality test
using Kolmogorov-Smirnov test and Homogeneity test using Levene test were used to test
require analysis. Data analysis techniques is used to hypothesis testing using t-test polled
variance of two independent samples formula. The results showed that: (1) The results of
student learning using STAD method was 75,16 for the average; (2) The results of student
learning using the TAI was 62.66; (3) There were differences in learning results between
methods STAD and TAI. It can be seen from the results of hypothesis testing using t-test polled
variance in student posttest value that t is -3.598 smaller than the t table is -2.2971

Keyword
Student Team Achievement Division (STAD), Team Assisted Individualization (TAI), The learning result, Basic Electronics
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)