Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

PENGARUH GAYA BELAJAR, METODE MENGAJAR GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Penulis 1 : RIDHOFI CHIPUTRA DEHANTARA (09520244020)
Penulis 2 : DESSY IRMAWATI, MT
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian multimedia SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014, (2) pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian multimedia SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014, (3) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian multimedia SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014, (4) pengaruh gaya belajar, metode mengajar guru dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian multimedia SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian multimedia SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data untuk variabel gaya belajar, metode mengajar guru dan kedisiplinan belajar menggunakan kuisioner model angket tertutup dengan skala likert, sedangkan untuk variabel prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi berupa nilai Ujian Akhir Semester Genap Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia tahun ajaran 2013/2014. Validitas instrumen penelitian diuji dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar sebesar 27,9%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar sebesar 43,2%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 24,7%, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar, metode mengajar guru, dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebersa 62%.

Kata Kunci
Gaya Belajar, Metode Mengajar Guru, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Abstract
This research was aimed to determine (1) the effect of learning style towards students’ achievement in Class XI competence of multimedia expertise of SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta in the academic year of 2013/2014, (2) the effect of teacher’s method of teaching towards students’ achievement in Class XI competence of multimedia expertise of SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta in the academic year of 2013/2014, (3) the effect of learning discipline towards students’ achievement in Class XI competence of multimedia expertise of SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta in the academic year of 2013/2014, (4) the simultaneous effect of learning style, teacher’s method of teaching and learning discipline towards students’ achievement in Class XI competence of multimedia expertise of SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta in the academic year of 2013/2014. This is an Expost Facto research using quantitative approach. Population of the research was 63 students of Class XI competence of multimedia expertise of SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta in the academic year of 2013/2014. The data of learning style, teacher’s method of teaching and learning discipline variable were collected using closed questionnaire with Likert scale, while the data of students’ achievement variable were collected using documentation method in the form of Even Semester Examination score in Class XI competence of multimedia expertise of SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta in the academic year of 2013/2014. Validity of the research instruments was tested using items analysis calculated with the correlation formula of Product moment. Theinstruments reliability was calculated using Alpha Cronbach formula. Techniques of data analysis to test the hypothesis were simple regression analysis and multiple regression analysis. Results of the research are (1) there is a positive and significant effect of learning style towards students’ achievement of 27.9%, (2) there is a positive and significant effect of teacher’s method of teaching towards students’ achievement of 43.2%, (3) ) there is a positive and significant effect of learning discipline towards students’ achievement of 24.7%, (4) there is a positive and significant effect of learning style, teacher’s method of teaching and learning discipline towards students’ achievement of 62%.

Keyword
Learning Style, Teacher’s Method of Teaching, Learning Discipline, Students’ Achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)