Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X TKI SMK NEGERI 1 BANTUL

Penulis 1 : RENY MURNI HIDAYATI (11520241009)
Penulis 2 : DJOKO SANTOSO, M.Pd
Abstrak

Abstrak
Penelitian bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Pemrograman Web Siswa Kelas X TKI 3 SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TKI 3 semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Pemrograman Web dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa siklus I sebesar 66,10% mengalami peningkatan menjadi 81,82% pada siklus II. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 81,82% mengalami peningkatan menjadi 93,94% pada siklus II. Hasil belajar aspek ketrampilan siswa terlihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 80,83 mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata siswa menjadi 86,21. Hasil belajar aspek sikap terlihat dari rata-rata nilai sikap pada siklus I sebesar 74,81 mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata nilai sikap siswa menjadi 88,16.

Kata Kunci
Team Assisted Individualization (TAI), Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pemrograman Web

Abstract

Abstract
The research was conducted to find out the implementation of cooperative learning type of team assisted individualization (TAI) to enchance the students’ motivation and learning outcomes on the web programming subjects in the class X TKI 3 of SMK Negeri 1 Bantul in academic year of 2014/2015. This research was a classroom action research which aims to solve the problem in the class. The subjects of this research were 33 students of class X TKI 3 in the even semester of 2014/2015 academic year. This research was conducted in two cycles and at the end of every cycle the given treatment was evaluated. The data collection techniques used in this study were observation, learning achievement test, documentation, and field notes. The result of this research shows that the implementation of cooperative learning type of Team Assisted Individualization (TAI) can enhance the students’ motivation and learning outcomes in grade X TKI 3 on the subject of web programming. It can be seen from the students’ learning motivation in cycle I, which is 66,10% and increases to 81,82% in cycle II. The students outcomes related to the knowledge confirms that the percentage of students learning mastery in cycle I which is 81,82% increases to 93,94% in cycle II. The skills aspect of student learning outcomes is also increasing. It can be seen from the students’ average score in cycle I which is 80,83 increases to 86,21 in cycle II. The attitude aspect of student learning outcome shows that their average score in cycle I which is 74,81 increases to 88,16 in cycle II.

Keyword
Team Assisted Individualizatio (TAI), learning motivation, learning outcome, web programming
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)