Jurnal UNY - Detail artikel

ADINEGARA

Vol Jul, No 1 (2015)

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PROGRAM OPERASI NASIONAL AGRARIA (PRONA) DI DESA LOGANDENG, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Penulis 1 : YULY RACHMAWATI (11417141031)
Penulis 2 : F. Winarni, M.Si.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap
kualitas pelayanan Program Operasi Nasional Agraria (PRONA) di Desa Logandeng,
Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survei dengan teknik pengambilan data berupa angket, wawancara dan
dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Logandeng yang
menjadi peserta PRONA pada tahun 2014 dengan jumlah responden sebanyak 150 orang.
Teknik analisis data menggunakan analisis berlandaskan acuan Keputusan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 yang dituangkan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap
kualits pelayanan PRONA di Desa Logandeng adalah puas. Hal ini terlihat pada hasil
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang menunjukkan nilai konversi sebesar 76,5 yaitu
berada pada interval 62,51-81,25. Nilai tersebut menggambarkan bahwa kualitas
pelayanan di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul adalah baik,
sehingga tidak terdapat unsur pelayanan yang harus diperbaiki namun baik jika
ditingkatkan.


Kata Kunci
kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, PRONA

Abstract

This research aim is to know about the level of community satisfaction with the
quality of service the National Agrarian Operations Program (PRONA) in Logandeng
village, Playen Disctrict, Gunungkidul Regency. This research is descriptive research
with quantitative approach. The methods used in this research is a survey. The data
collection techniques used in this research are quesioner, interview and documentation.
Total number of respondent in this research are 150 peoples. The data analytical
technique used the reference of Minister of Administrative Reform number 25 in 2004
which is poured in the form of a percentage. The result of research show that the level of
community satisfaction of quality services in Logandeng village is satisfied. This is can be
seen on the results of Community Satisfaction Index (IKM) that indicates the conversion
value of 76,5 is located at intervals 62,51-82,25. These values illustrates that the quality
service of PRONA in Logandeng village, Playen Disctrict, Gunungkidul Regency is good,
so there is no element of service to be repaired but is good to improve.

Keyword
service quality, satisfaction of society, PRONA
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
April 2019
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)