Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - S1

Vol 4, No 8 (2015)

KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN

Penulis 1 : HASAN RIYADI (10201241062)
Penulis 2 : Dr. Kastam Syamsi
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan kemampuan
menyusun teks biografi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan model project based learning dan siswa yang mengikuti
pembelajaran tanpa menggunakan model project based learning (menggunakan
model proses menulis). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji
keefektifan model project based learning dalam pembelajaran menyusun teks
biografi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan
project based learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan.
Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan
rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini
adalah dua, yaitu variabel bebas berupa model project based learning dan variabel
terikat berupa kemampuan menyusun teks biografi. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Pengambilan sampel dengan
teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes menyusun teks biografi. Validitas instrumen yang
digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Penghitungan data
dengan menggunakan teknik uji-t.
Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat
perbedaan kemampuan menyusun teks biografi yang signifikan antara siswa yang
mengikuti pembelajaran menggunakan model project based learning dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model project based
learning (menggunakan model proses menulis) pada siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Prambanan. Perbedaan dapat diketahui dari uji-t skor tes akhir kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai p sebesar 0,002 sehingga p <
taraf signifikansi 0,05 yang berarti signifikan. Kedua, model project based
learning terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks biografi
dibandingkan pembelajaran menyusun teks biorgafi tanpa menggunakan model
project based learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Efektivitas
model project based learning dapat diketahui dari hasil uji-t skor tes awal dan tes
akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai p sebesar 0,000 sehingga p < taraf
signifikansi 0,05 yang berarti signifikan. Gain skor kelompok eksperimen lebih
tinggi dibandingkan kelompok kontrol, yaitu 4,84.

Kata Kunci
keefektifan, model project based learning, teks biografi

Abstract

The aim of this research is to prove the differences of composing biography
text abilities between the students who take the lesson using project based
learning model and who are not (using the writing process model). In addition,
this research also aimed to test the effectiveness of project based learning model
in the study of composing biography text compared with students who are take the
study without using project based learning in class VIII of SMP Negeri 1
Prambanan.
The research design used was a quasi-experimental with pretest-posttest
control group design. There are two variables in this research, which are
independent variable in the form of project based learning model and dependent
variable in the form of abilities in composing biographical text. The population in
this research is the students of SMP Negeri 1 Prambanan class VII. The sample
was taken by using cluster random sampling technique, there is class VIII A as an
experiment group and class VIII B as control group. Data accumulation technique
is using a test of composing biographical text. The instrument validity that be used
is content validity with expert judgement. Data accounting was using t-test
technique.
The conclusions of this research are as follows. First, there is a significant
difference in the ability of composing biographical text between a students who
follow the study using project based learning models with the students who are
not (using a writing process models) in the students of SMP Negeri 1 Prambanan
Class VII. The difference can be known from the final score of t-test between
experiment group and control group is got p as 0,002 so that p < significance level
0,05 means significant. Second, it is proved that project based learning is effective
in the study of composing biographical text than the study of composing
biographical text without project based learning models in the students of SMP
Negeri 1 Prambanan class VIII. The effectiveness of project based learning
models can be known from the result of an early and final t-test score experiment
group got p as 0,000 so that p < significance level 0,005 which means significant.
The experiment group Gain score is more heavy than control group, that is 4,84.

Keyword
effectiveness, project based learning models, biographical text
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)