Jurnal UNY - Detail artikel

EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika)

4, Volume 4, Nomor 5 Bulan Mei 2015

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT INSTALASI SISTEM OPERASI GUI CLI KELAS X TKJ SMK N 1 PUNDONG

Penulis 1 : OKTAVIANI FAIZATUL KHASANAH (11520241005)
Penulis 2 : Dr. PRIYABTO, M.Kom
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X TKJ mata diklat Instalasi Sistem Operasi Graphical User Interface (GUI) Command Line Interface (CLI) yang menggunakan metode konvensional dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran edmodo di SMK N 1 Pundong, (2) mengetahui efektivitas Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI kelas X TKJ di SMK N 1 Pundong. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent kontrol group design. Teknik analasis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI yang menggunakan media jejaring sosial pendidikan edmodo dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan edmodo dalam pembelajaran Instalasi Sistem Operasi GUI CLI efektif, terbukti dari hasil perhitungan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 77%. Respon siswa terhadap penggunaan edmodo sangat tinggi, terbukti dari hasil perhitungan rata-rata angket menunjukkan angka sebesar 81,69%.

Kata Kunci
perbedaan, Edmodo, efektivitas

Abstract

Abstract
This study aims to (1) find out the difference between Grade X students of Computer Network Engineering program who got Graphical User Interface (GUI) Command Line Interface (CLI) Operating System Installation training using conventional methods learning outcomes and those of students who learned through Edmodo at SMK N 1 Pundong, (2) find out the effectiveness of Edmodo in GUI CLI Operating System Insallation training from Grade X of Computer Network Engineering students’ learning outcomes. The research was designed using non-equivalent control group design. The data were analysed using quantitative techniques by quasi-experimental method. The results of the test show there is a significant difference between students who got GUI CLI Operating System Installation training using Edmodo learning outcomes and students taught using conventional methods learning outcomes. The use of edmodo in GUI CLI Operating System Installation training is effective, can be evidenced by the mean N-gain score of the experimental class is 77%. The student’s response to the se of edmodo is very high, can be evidenced by the questionnaires mean value is 81,69%.

Keyword
differences, Edmodo, effectiveness
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)